Hyundai Akan Tinggalkan Pasar Jepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 2 Desember 2009 14:49 WIB
Dok: www.netcarshow.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motors, akan menarik diri dari pasar otomotif Jepang setelah sembilan tahun berkiprah di pasar Negara Matahari Terbit itu. Namun, langkah Hyundai itu bukanlah hal yang mengejutkan bagi masyarakat Jepang. Pasalnya peran pabrikan ini di pasar Jepang juga dinilai relatif kecil.

Sejak pertama kali memasarkan produknya di Jepang pada 2001, Hyundai hanya mencatatkan penjualan 15.095 unit kendaraan. Ini sangat beda jauh dengan pabrikan lain yang berasal dari luar Jepang. Volkswagen misalnya. Pabrikan asal Jerman itu membukukan penjualan 61.996 unit pada 2008.

Bagi pabrikan asal luar Jepang, pasar otomotif negara itu relatif kecil. Dan Hyundai sendiri belum mewujudkan diri sebagai merek mobil murah asal Korea di pasar Jepang sehingga bisa menjadi alternatif bagi konsumen. 

Menurut Juru Bicara Hyundai Motors, Oles Roman Godacz, ”Bila (produk) anda bukan Guci atau BMW, sangat kecil kemungkinan (menembus pasar Jepang),” tandasnya seperti dikutip automotivenews. ”Para pemain (pabrikan otomotif) menghadapi persaingan yang ketat.”

Kendati demikian, Hyundai masih akan melanjutkan penjualan produknya yaitu kendaraan komersial di Jepang. Penjualan bis produksi pabrikan ini di Jepang bisa dibilang lumayan sejak 2006 lalu. Hyundai mencatat penjualan 43 bis sejak 2006 lalu.

"Bila suatu saat nanti kami melihat membaiknya pasar kendaraan penumpang di Jepang, kami akan melanjutkan memasarkan kendaraan penumpang kami," ujar sumber Hyundai seperti dikutip Associated Press Sabtu (28/11) lalu.

Sementara pejabat Hyundai Motors, Ki Jin-ho menegaskan, keputusan menarik diri dari pasar Jepang itu akan diputuskan secara resmi setelah melakukan pembiacaraan dengan agen-agen penjualan di Jepang. 

Sebelumnya, produsen otomotif terbesar di Korea Selatan ini menyebut, penjualan mobil penumpang produksinya di pasar global pada kuartal ketiga 2009 melonjak 41 persen ibanding periode sama 2008 lalu. Penjualan Hyundai mencapai 824 ribu unit.ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi