Direktur General Motors Mundur  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 2 Desember 2009 15:31 WIB
REUTERS

TEMPO Interaktif, Jakarta - Direktur Eksekutif General Motors, yang baru delapan bulan menduduki jabatannya, Fritz Henderson mengundurkan diri Selasa lalu setelah rapat dewan direksi perusahaan yang diselamatkan pemerintah Amerika itu.

Kepala Direksi General Motors Ed Whiteacre Jr dilaporkan akan menjadi pengganti sementara.Dikabarkan Henderson mundur setelah negosiasi penjualan salah satu unit usahanya Saab, dengan Koenigsegg Automotive (Swedia) batal. Kegagalan penjualan itu dilaporkan adalah yang ketiga sepanjang tahun ini. Saab sendiri dibeli oleh General Motors tahun1989.

General Motors dibeli oleh pemerintah Amerika Serikat dan Kanada karena perusahaan itu tidak luput dari krisis finansial Amerika tahun lalu, yang membuat Amerika melakukan berbagai perombakan kebijakan seperti pelepasan sejumlah unit usaha, kesepakatan tunjangan dan gaji karyawan termasuk mengganti direkturnya saat itu, Rick Wagoner.

BBC menanyakan kemungkinan campur tangan Gedung Putih dalam pengunduran diri Henderson, namun hal itu dibantah pemerintah.

BBC | RONALD

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi