Audi A3 TDI Mobil Paling Ramah Lingkungan 2009
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 4 Desember 2009 13:16 WIB
.
TEMPO Interaktif,Jakarta:Meski baru diluncurkan sebulan yang lalu, namun varian hatchback diesel produk pabrikan asal Jerman Audi yaitu Audi 3 Turbo Diesel Injection (TDI) berhasil menggondol gelar Green Car of The Year di gelaran Los Angeles Auto Show, Kamis (03/12). Dengan demikian, mobil ini sekaligus menyingkirkan sedan hibrida andalan Toyota Prius.

Audi A3 TDISeperti dikutip Reuters, di ajang kompetisi tahunan yang digelar Green Car Journal Magazine itu, adalah Volkswagen Golf TDI diesel, Honda Insight hybrid, Ford Mercury Milan hibrida dan Toyota Prius hybrid masuk jajaran finalis 2009.

Ron Cogan, editor Green Car menyebut, dewan juri terkesan dengan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar mobil tersebut. “Tingkat efisiensi Audi A3 TDI ini, 50 persen lebih tinggi ketimbang mesin-bensin (dari model A3 lainnya). Namun, (tingkat efisiensi itu) tidak memengaruhi performa mesin," papar dia.

Presiden Audi Amerika Johan de Nysschen mengaku penghargaan itu akan mendongkrak citra mobil bermesin diesel yang ternyata ramah lingkungan karena bersih. Pasalnya, di negeri Paman Sam itu, masyarakat masih melihat mesin sebagai suatu kontradiksi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari polutan.

Sementara itu, Jeff Kuhlman Juru Bicara Audi pusat di Jerman, menyebut di Amerika Serikat Audi A3 TDI selama November lalu terjual lebih dari 500 unit. Mobil ini hanya dibanderol kurang dari US $ 30.000 atau kurang dari Rp 282 juta.

Sedangkan pesaing beratnya, Toyota Prius sepanjang sebelas bulan 2009 ini terjual 128.000 unit. Toyota Prius menguasai 60 persen pangsa pasar mobil hibrida di Amerika Serikat.

Para juri Green Car ini selain dari editor Green Car Jurnal juga melibatkan kolektor mobil Jay Leno, aktivis lingkungan dan penjelajah laut Jean-Michel Cousteau, perancang mobil legendaris Carroll Shelby dan pimpinan Sierra Club, Carl Pau.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi