New Ford Fiesta Diluncurkan di Indonesia Antara April Mei 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 4 Desember 2009 15:26 WIB
AP Photo
TEMPO Interaktif,Jakarta: Produk terbaru dari Ford Motor Company (FMC), yaitu varian hatchback Ford Fiesta yang Jumat (04/12) ini diluncurkan di arena pameran otomotif Los Angeles Auto Show 2009, akan dipasarkan di Indonesia 2010 mendatang.

Meski belum menetapkan kapan tepatnya mobil baru Ford itu diluncurkan di Indonesia , PT Ford Motor Indonesia, selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Ford di Indonesia tengah mempersiapkannya.

“Kalau waktunya, saya hanya memberi ancar-ancar antara kuartal dua dan tiga 2010 (April – Mei) mendatang. Hanya melihat timing-nya saja, kalau pasar sudah kami pelajari dan kami optimistis sambutan ke varian ini akan bagus,” tutur Davy Tuilan, Direktur Pemasaran PT FMI saat dihubungi Tempo di Jakarta, Jumat (04/12).

Optimisme itu, sebut Davy, didasari dua fakta. Pertama, pasar varian hatchback di tanah air terus bertumbuh dengan besaran rata-rata per tahun antara 20 – 30 persen. Hal itu terlihat dari banyaknya pendatang baru di varian ini yang masuk ke pasar tanah air.

Kedua, Ford Fiesta menurut Davy juga memiliki keunggulan kompetitif dibanding produk sejenis di kelasnya. Kendati tak menyebut secara tegas, Davy mengatakan dari fitur kenyamanan yang ditawarkan hingga teknologi mesin yang efisien bahan bakar menjadi aspek yang memiliki daya saing tinggi.

Namun sayang, Davy tak bersedia menyebutkan berapa mobil itu akan dibanderol. Ia hanya memberi isyarat, harga itu diantara harga Toyota Yaris, Honda Jazz, serta Honda Freed. “Pokoknya diantara harga varian yang sama produk dari bToyota dan Honda itu,” akunya.

Sekadar informasi, Toyota Yaris dibanderol pada kisaran Rp 173,35 - Rp 207,45 juta. Sementara harga Honda Jazza berada pada rentang Rp 196 - Rp 221,5 juta. Akankah Ford Fiesta dibanderol di kisaran Rp 200 juta?

Sementara seperti dilansir Reuters, varian hatchback Ford itu bermesin Ford Fiesta 1.600 cc empat silinder. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi Twin-independent Variable Cam Timing (Ti VCT) yang mampu mernyemburkan tenaga hingga 119 daya kuda dan torsi maksimal 109 ft-lbs.

Sementara untuk menunjang kenyamanan berkendara, mobil ini dilengkapi fitur Advanced Power Shift untuk sistem transmisi otomtais dengan enam tingkat percepatan. Fitur lainnya adalah Electric Power Assist Steering (EPAS) yang akan membuat handling lebih enteng dan responsif.

Ford Fiesta, sebut sumber FMC akan menjadi produk andalan Ford di Amerika Serikat pada 2010 mendatang. , "Bagi kami, Ford Fiesta merupakan produk yang sangat monumental. Bukan saja sesuai dengan keinginan pasar, tetapi juga menjadi wujud karya besar," tandas Jim Farley, Kepala Pemasaran Global Ford seperti dikutip Reuters, Jumat (04/12).

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi