Audi A8 Generasi Keempat Mulai Dipasarkan 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 8 Desember 2009 09:34 WIB
Dok: Audi
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sedan premium keluaran pabrikan otomotif asal Jerman Audi A8, saat ini nampang di ajang pameran mobil Los Angeles (Los Angeles Auto Show) 2009 yang berlangsung 4 – 13 Desember. Sebelumnya, mobil ini diperkenalkan ke publik pada 1 Desember di Miami , Florida , Amerika Serikat. Rencananya, Audi akan memasarkan pada musim semi (April – Mei) 2010 mendatang.

Audi A8 Kepala Eksekutif pabrikan Audi di Amerika, Johan de Nysschen seperti dikutip motor authority menyebut, pihaknya mematok target penjualan Audi A8 ini 10 ribu unit per tahun untuk pasar Amerika. “Audi A8, merupakan produk unggulan kami,” tutur Nysschen.

Sedan ini akan diluncurkan dalam dua jenis mesin yaitu mesin bensin dan diesel. Pertama mesin bensin 4.200 cc V8 Fuel Stratified Injection (FSI) direct injected. Mesin sebesar itu mampu menyemburkan tenaga hingga 366 daya kuda dan torsi maksimal 445Newton meter (Nm). Kecepatan 0 – 100 kilometer (km) per jam bisa dicapai hanya dalam hitungan 5,7 detik.

Jenis kedua adalah mesin diesel 4.200 cc V8 Turbo Diesel Injection (TDI). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 346 daya kuda dan torsi maksimal 800 Nm. Kendati tenaga yang dihasilkan dibawah mesin bensin, namun kecepatan 0 – 100 kilometer per jam dapat dicapai dalam tempo 5,5 detik.

Sumber Audi itu menambahkan, kendati tenaga yang dihasilkan besar tapi itu tak berarti mobil ini boros bahan bakar. Pasalnya, sebut sang sumber, FSI non turbo pada mesin bensin mampu menempuh jarak 10,5 km untuk tiap liternya.

“Jadi paduan antara teknologi mesin dan penggunaan bahan alloy itu memberi kontribusi yang signifikan terhadap tingkat konsumsi bahan bakar,” tandas sumber Audi.

Sedangkan pada mesin diesel, perangkat turbodiesel menjadikan mesin itu mampu menempuh jarak 13 km untuk tiap liternya. Disebut pula, tingkat penghematan itu mencapai 13 persen dibanding generasi sebelumnya untuk mesin bensin. Sementara untuk mesin diesel, penghematan yang dicapai oleh mesin generasi baru itu mencapai 19 persen.

Penghematan bahan bakar itu juga dikarenakan penggunaan bahan alumunium alloy yang dikenal ringan pada bagian-bagian bodi mobil. Berat bodi ini, diklaim mampu memberi sumbangan terhadap tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar hingga 15 persen.

Ihwal kenyamanan, seperti dikutip globalcars, Audi memberikan jaminan kepada calon konsumennya. Soal audio misalnya, mobil ini menggunakan sistim audio premium Bang & Olufsen dengan 19 speaker dengan kekuatan suara1.400 watt. Audi memastikan suara yang bakal keluar dari piranti itu merdu, jernih, serta tak membuat pekak di telinga.

Melengkapi system audio itu, Audi menambahkan layar video yang terpasang di setiap sandaran kepala di kursi depan. Dengan demikian penumpang belakang dengan leluasa menikmati hiburan yang ditayangkan melalui piranti visual tersebut.

Mereka juga dapat mengatur volume suara maupun gambar melalui tombol control di sandaran tangan yang berada di tengah bangku. Bahkan, penumpang yang duduk di belakang ini juga dapat mengatur pemanas atau pendingin kursinya.

Penumpang depan lebih dimanjakan lagi karena kurisnya dapat berfungsi menjadi kuris pijat seperti kursi pijat osim. Sedangkan fitur keselamatan meliputi air bags, ABS brakes, EBD, ESP serta Adaptive Cruise Control

Namun sayang , hingga kini belum ada keterangan resmi dari Audi berapa mobil itu bakal dibanderol. Sumber Audi seperti dikutip motor authority memberi isyarat mobil ini akan dibanderol mulai $75,375 atau sekitar Rp 670.400.000

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi