Volkswagen Resmi Caplok 49,9 Persen Saham Porsche  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 9 Desember 2009 20:25 WIB
.

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen, Senin (07/12) mengumumkan bahwa pihaknya telah membeli 49,9 persen saham produsen mobil sport, Porsche senilai US $5,8 miliar atau sekitar Rp 5,452 triliun.

logo VWSeperti dikutip motorauthority, Selasa (08/12) VW menyebut, proses penggabungan antara dua perusahaan itu akan selesai pada 2011. Sumber VW itu menambahkan, Porsche akan melengkapi VW dalam memproduksi varian sport premium. “Dengan demikian, sebagai merek independent yang berada dibawah paying perusahaan VW, Porsche memiliki potensi yang besar untuk terus bertumbuh,” ujar sumber itu.

Akhir Juli lalu, Wendelin Wiedeking, Kepala Eksekutif Porsche mengumumkan dirinya akan mundur dari perusahaan otomotif itu dan digantikan Michael Macht. Keputusan Wendelin itu menyusul rencana pembelian saham Porsche oleh VW.

Sebelumnya, Agustus lalu, VW dan Porsche telah menyetujui rencana penggabungan diantara keduanya dan akan dilakukan pada 2011 mendatang. Awalnya, VW hanya akan membeli 42 persen saham di Porsche pada akhir 2009 ini.

Namun, karena Porsche terlilit banyak hutang pada tahun lalu, akhirnya kepemilikan VW di Porsche pun diperbesar menjadi 49 persen. Sementara kantor berita AFP melaporkan, pembuat mobil terbesar Eropa itu berencana untuk menyelesaikan pengambilalihan Porsche pada 2011 dan ingin menggeser posisi Toyota sebagai pemimpin otomotif dunia pada 2018 mendatang.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi