Genjot Produksi Hino Motor Perluas Pabrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 17 Desember 2009 15:14 WIB
Dok: Hino
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), Kamis (17/12) ini meresmikan perluasan pabrik perakitan kendaraan niaga, truk, dan bus produksinya di Kawasan Kawasan Industri Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat.

Untuk keperluan itu, pabrikan ini menggelontorkan dana tak kurang dari US$33 juta atau sekitar Rp310 miliar. Dengan demikian, hingga saat ini, total investasi yang digelontorkan pabrikan asal Jepang itu telah mencapai US$64,8 juta.

Menurut J. Ralhan, Direktur HMMI, perluasan pabrik tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi bus dan truk dari 10 ribu menjadi 35 ribu unit per tahun. Produk itu meliputi truk niaga ringan dan berat maupun bus medium dan besar.

Bahkan dikatakan, bila nantinya permintaan kedua produk terus meningkat, maka HMMI dalam dua tahun mendatang akan menambah kapasitas produksi berikut investasinya. “Total kendaraan yang diproduksi selama 2009 ini diperkirakan telah mencapai 12 ribu sampai 13 ribu unit. Volume produksi bulanan mencapai 1.000 unit,” kata Ralhan.

Sedangkan luas bangunan pabrik setelah ada perluasan menjadi 53.404 meter persegi dan total luas area pabrik menjadi 120.000 meter persegi. Sebelumnya luas bangunan pabrik hanya 23.000 meter persegi. Perluasan pabrik tersebut menjadikan pabrik Hino Indonesia sebagai yang terbesar di kawasan Asia di luar Jepang.

Menyinggung sumber dana investasi, Ralhan menyebut, US$ 17 juta atau sekitar Rp 165 miliar berasal dari penyertaan modal para pemegang saham Hino Motors Co dan mitra lokal di Indonesia, yaitu Indomobil Group dengan komposisi, masing-masing 90 persen dan 10 persen. Sedangkan US$ 16 juta atau sekitar Rp 145 miliar berasal dari pinjaman.

Perluasan pabrik itu diresmikan Wakil Presiden Boediono, Kamis (17/12) langsung di lokasi yaitu Karawang, Jawa Barat.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi