Toyota Optimistis Hadapi 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 23 Desember 2009 00:05 WIB
Toyota Avanza yang tengah dirakit di pabrik Toyota di Kawarang. (raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan optimistis menghadapi tahun 2010 mendatang. Hal ini berdasarkan sukses penjualan pemegang merek Toyota di Indonesia tersebut sepanjang tahun 2009 ini.

"Melihat penjualan sampai bulan November, diperkirakan total penjualan nasional otomotif kita bisa mencapai 480-an ribu di tahun ini," kata Joko Trisanyoto Marketing Director PT TAM dalam End Year Media Gathering, Selasa (22/12) sore.

Toyota sendiri mencatat penjualan sebanyak 167.572 unit (data whole sale) sampai bulan November lalu dengan pangsa pasar mencapai 38,3 persen. Angka ini lebih besar dari awal tahun yang ditetapkan 35 persen. "Prestasi yang luar biasa bagi kami," kata Joko.

Andalan penjualan Toyota tetap pada Kijang Innova dan Avanza. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Innova terjual 32.048 unit.

Sedangkan Avanza sampai bulan November lebih hebat lagi. Low MPV Toyota itu mencatat angka penjualan 90.264 unit. "Avanza menjadi satu satunya model Toyota yg penjualannya lebih dari tahun 2008," terang Joko.

Mengenai tahun 2010, Joko mengatakan akan menjadi tantangan tersendiri. Meski ekonomi diprediksi membaik tapi tetap akan jadi tantangan. "Kita berharap tahun depan akan lebih baik dari tahun ini bahkan tahun-tahun sebelumnya. Industri otomotif salah satu sektor andalan perkembangam ekonomi Indonesia," tutup Joko.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi