Chevrolet Camaro Z28 Bintang Pameran Mobil Klasik 2009
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 23 Desember 2009 19:35 WIB
Chevrolet Camaro Z28 keluaran tahun 1972 yang dipajang di Otoblitz International Classic Car (OICC) Show 2009 Jakarta, Rabu (23/12). (Arif Arianto/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pameran mobil klasik berskala internasional (Otoblitz International Classic Car Show) kembali digelar di tanah air. Pameran yang mobil yang ketiga sejak 2006 dan mengusung tema Classic Next Green Generation, itu mobil Chevrolet Camaro Z28 - 1972 dan BMW 2000CS 1966 mendatang bintang panggung pameran.

"Mobil itu ditemukan tim O-project di desa Palasari Bogor, tiga tahun lalu dengan kondisi bodi masih terlihat utuh namun komponen terurai," tutur Azman Osman Konseptor Otoblitz International Classic Car Show (OICC-Show) 2009, di sela acara pembukaan pameran itu di Jakarta, Rabu (23/12).

Menurut Azman, mobil legendaris itu kemudian direstorasi di sebuah bengkel di KawasanTanah Kusir, Jakarta. "Hanya butuh waktu 20 hari untuk pengerjaannya, mulai dari body fitting, standblasting, hingga pengecatan," jelas Azman.

Sementara untuk pengerjaan komponen logam, khususnya untuk pemrosesan bahan krom, diserahkan kepada Anton Morgan dari Sinar Karya Electroplating. Penanganan sektor interiornya, terutama untuk door trim dan plastik dipercayakan kepada Tomo Leather yang menggunakan bahan kain Monza dan Autoleder.

Sedangkan mobil BMW 2000CS 1966, ditemukan tim Project O dua tahun lalu di Bali. Mobil itu, kata Azman, saat ditemukan dalam kondisi masih bisa jalan, tetapi sekujur bodinya sudah berkarat. "Meski begiti semua fitur interiornya masih lengkap terpasang," kata Azman.

Restorasi mobil ini dimuali dengan pembuatan plat bodi baru, khususnya dek dan lis kaca yang telah termakan karat permanen. Karena kondisi yang seperti itu, pengerjaan pelapisan permukaan bodi dilakukan tiga kali dengan expocy. "Hal itu untuk memastikan bodi bersih dari karat," imbuh Azman.

Pengerjaan dapur pacu dan sistem transmisi mobil tipe 121 ini dipercayakan ke Astra Interntional. Pasalnya, mesin mobil yang sudah lama tidak dipakai itu sudah dalam keadaan mati suri.

Setelah ditangani para para mekanik pabrikan otomotif itu, kini kondisi mesin kembali normal Dan tak ketinggalan warna putih mutiara, yang merupakan kelir asli mobil itu tetap dipertahankan. Sehingga semangat legenda BMW 2000 CS tetap memnacar kuat di mobil asal Jerman itu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi