Mobil Menteri Sekelas Mobil Dinas Ketua DPRD Riau
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 30 Desember 2009 11:24 WIB
Seorang pria melewati mobil baru menteri Kabinet Indonesia Bersatu II di Departemen Keuangan, Jakarta, (28/12). Para menteri akan mendapatkan mobil dinas Toyota Crown Royal Saloon. TEMPO/Subekti
TEMPO Interaktif, Jakarta - Toyota Crown Royal Saloon yang dijadikan kendaraan operasional para menteri, ternyata kalah kelas dibanding mobil dinas gubernur Riau serta "cuma" sekelas mobil dinas Ketua DPRD Riau.

Crown Royal Saloon, yang harganya sekitar Rp 1,3 miliar, adalah mobil yang juga dijadikan kendaraan dinas ketua DPRD Riau periode sekarang.

Di wilayah lain, seperti Jawa Barat, tipe mobil yang sama digunakan sebagai kendaraan dinas gubernur. Tapi gubernur sekarang, Ahmad Heryawan, mendapat Crown Royal Saloon bekas, bukan baru. Bekas mobil dinas pendahulunya.

Jika Anda berpikir mobil ini terlalu mewah untuk pejabat tingkat provinsi, pikir kembali! Lihat saja mobil dinas gubernur Riau. Gubernur Riau menggunakan mobil dinas Toyota Crown Majesta. Majesta ini kelas--dan harganya--di atas Royal Saloon. Tipe Majesta ini harganya mencapai Rp 1,8 miliar.

Riau itu daerah kaya minyak. Jadi, mungkin saja mereka memiliki anggaran besar untuk kendaraan pejabat. Tapi bagaimana dengan Kalimantan Barat  yang tidak dikenal sebagai daerah kaya minyak?

Nah, sejak setahun silam Gubernur Cornelis sudah tampak wira-wiri dengan mobil dinas bernomor "KB 1" bermerek Mercedes Benz S300. Harganya? Saat itu Rp 1,6 miliar.

NURKHOIRI/RISET: EVAN

#Perjalanan Dinas

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi