Bajaj Stop Produksi Skuter, TVS Malah Meluncurkan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 30 Desember 2009 23:44 WIB
.
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan otomotif asal India Bajaj Auto, Rabu (29/12) mengumumkan akan menghentikan produksi varian skuter Kristal. Seperti dikutip Mumbai Mirror, keputusan tersebut diambil menyusul anjloknya penjualan produk itu sepanjang 2009 ini.

“Penjualan Kristal anjlok 57,3 persen selama rentang waktu delapan bulan 2009 yaitu dari 7.876 unit pada kurun waktu yang sama tahun lalu, menjadi 3.356 unit pada tahun ini,” tulis Mumbai Mirror.

Bahkan di pasar lokal India saja, penjualan selama rentang waktu delapan bulan itu, melorot 15 persen dibanding tahun lalu atau hanya 891 unit. “Kami saat ini hanya memproduksi Kristal untuk pasar ekspor. Namun, kenyataan ini kami nilai tidak layak lagi bagi Bajaj untuk meneruskan bisnis di segmen skuter,” tutur Rajeev Bajaj, Managing Director Bajaj Auto.

Pria ini menambahkan, ke depan Bajaj akan berkosentrasi untuk mengembangkan varian lain yang selama ini telah diproduksi Bajaj , diantaranya motor bermesin 135cc, 150cc, 180cc dan 220cc.

Pasalnya, potensi penjualan varian tersebut terus mengalami peningkatan baik di pasar lokal maupun di pasar global.

Sementara itu, pesaing Bajaj, yaitu TVS Motor Company. Disebutkan, pabrikan ini justeru berencana meluncurkan varian skuter otomotis yang bernama Wego.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi