Roma Menangi Etape Pembuka Reli Dakar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 3 Januari 2010 09:17 WIB
TEMPO Interaktif,Cordoba (Argentina):Pereli asal Spanyol Nani Roma mengubur mimpi buruk keikutsertaannya di Reli Dakar 2009 dengan memenangi etape pembuka reli tahun ini, Sabtu (2/12) waktu setempat.

Dua bulan bulan lallu, Roma finis pada etape terakhir namun dipaksa melihat posisinya tergeser ke peringkat enam dari 10 posisi klasemen usai mendapat hukuman 10 jam penalti.

Kemudian, Roma dipaksa melihat timnya Mitsubishi mundur dari reli lantaran krisis ekonomi global yang menghantam pabrikan Jepang tersebut. Namun ia kubur kegagalannya dengan memenangkan etape pertama, kini dengan mengendarai mobil BMW melintasi rute Buenos Aires ke Cordoba sepanjang 294 kilometer.

Ia finis dua menit di atas rekan senegara dan mantan juara dunia WRC Carlos Sainz, yang mengemudikan Volkswagen. Pembalap BMW dari Prancis Stephane Peterhansel finis di tempat ketiga.

Pereli Qatar Nasser al-Attiyah, yang tahun lalu didiskualifikasi, finis di posisi empat dengan mengendarai Volkswagen. Juara bertahan Reli Dakar versi Afrika, Giniel De Villiers, yang juga mengendarai Volkswagen, finis di tempat kelima. “Pada akhirnya kami cukup terkejut dengan perolehan waktu yang kami dapatkan,” bungah Rima, juara Reli Paris Dakar roda dua pada 2004.

“Namun saya bahagia. Kami khawatir dengan performa mesin pada pertengahan etape spesial dan harus berhenti untuk mengadakan pengecekan. Namun semuanya berjalan oke. Ini baru permulaan. Kami belum memenangkan pertarungan dengan VW,” tegasnya.

AP | BAGUS WIJANARKO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi