Varian Sport Hibrida Honda CR-Z Dipasarkan Februari
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 3 Januari 2010 23:13 WIB
Foto mobil konsep Honda CR-Z ini diambil pertengahan September dan baru disiarkan hari ini (30/9). Model ini akan tampil di Tokyo Motor Show Oktober nanti, dan mulai dijual awal tahun depan. Foto: AP/Itsuo Inouye

TEMPO Interaktif, Tokyo:Setelah memamerkan versi konsepnya di ajang pameran otomotif Tokyo 23 Oktober - 4 November 2009 lalu, akhirnya Honda Motor Co. Ltd memasarkan Honda Compact Renaissance Zero atau CR-Z pada Februari mendatang khusus untuk pasar Jepang.

Honda CR-Z Setelah itu Honda akan memboyong varian itu ke Eropa dan Amerika pada paruh kedua 2010.

Brosur dan iklan Honda di dunia maya seperti disebut motorauthority menjelaskan, mobil itu akan menggunakan mesin bensin 1.500 cc empat silinder yang mampu menyemburkan tenaga hingga 114 daya kuda pada 6.000 rpm.

Sementara torsi maksimumnya, 145 Newtonmeter (Nm) pada 4.800rpm.

Mesin konvensional itu dikawinkan dengan motor listrik berteknologi khas Honda - Integrated Honda Motor Assist (IMA) yang menghasilkan tenaga hingga 13,5 daya kuda. Varian sport hibrida Honda ini dilengkapi sistem transmisi manual dengan enam percepatan.

Namun Honda juga menawarkan pilihan transmisi otomotis dengan teknologi Continuously Variable Transmission (CVT) enam percepatan. Dengan teknologi itu maka perpindahan tingkat percepatan lebih halus dan nyaris tak terasa.

Mobil ini disebut sebagai perwujudan komitmen Honda terhadap lingkungan, sekaligus sebagai upaya Honda untuk memenuhi keinginan pasar, seperti yang disebut Takanobu Ito, Kepala Eksekutif Honda pada Juli 2009 lalu.

"Rencana ini (memproduksi varian hibrida-red) dilakukan sebagai bagian dari arah perubahan baru Honda dalam rangka memenuhi permintaan mobil hibrida yang terus meningkat," aku Ito kala itu.

Namun sayang, hingga kini belum ada keterangan resmi berapa mobil itu dibanderol.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi