Giliran Al-Attiyah Menangi Etape Kedua Reli Dakar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 4 Januari 2010 07:52 WIB
Masyarakat menyaksikan mobil VW yang dikemudikan pereli asal Qatar Nasser Al-Attiyah, melintas di stage kedua antara Cordoba dan La Rioja, Argentina, dalam reli Dakar Argentina-Chile 2010. AP/Natacha Pisarenko
nasser al attiyahTEMPO Interaktif,La Rioja:Pereli Qatar Nasser Al-Attiyah finis terdepan pada etape kedua Reli Dakar di tengah investigasi tabrakan yang menewaskan seorang penonton wanita berusia 28 tahun.

Al-Attiyah, mengendarai Volkswagen, menang usai menempuh jarak 355 kilometer dari Cordoba ke La Rioja dengan catatan waktu 1 menit 19 detik mengalahkan rekan setimnya Carlos Sainz yang finis di tempat keempat.

Hasil ini merupakan angin segar bagi Al-Attiyah di permulaan tahun 2010. Pereli itu dipaksa mundur musim lalu secara kontroversial ketika sedang memimpin lomba.

Pereli Prancis Guerlin Chicerit, mengendarai BMW, finis kedua diikuti pereli tim Volkswagern Carlos Neves, Sainz, dan Mark Miller. Pemenang enam kali klasemen motor dan tiga gali juara klasemen mobil Stephane Peterhansel dari Prancis, mengendarai BMW, finis keenam dan ketiga pada klasemen sementara.

Juara etape pertama dari Spanyol, Nani Roma, kehilangan waktu 15 menit setelah mengalami masalah teknis dan finis ke-18 dan delapan pada klasemen. “Kami sempat bertarung dengan Stephane setelah 150 kilometer. Kami fokus kemudian masalah teknis datang. Itu ketika kami 'menyerang' sebelum mengalahkan Carlos,” kata Al-Attiyah.

“Setelah itu kami mendapatkan ritme yang bagus. Semuanya berjalan lancar. Kondisi cuaca menyulitkan kami di mana ada hujan, kabut,” keluhnya.

Pereli Prancis David Fretigne, mengendarai motor Yamaha memenangkan etape roda dua. Rekan senegaranya David Casteu dari tim Sherco namun masih memimpin klasemen setelah finis di tempat kedua, tercecer 43 detik.

Pereli Spanyol Marc Coma, juara 2006 dan 2009, finis ketiga namun mendapat hukuman 22 menit akibat terlalu kencang, sanksi yang membuatnya turun ke peringkat 14 klasemen pereli.

AP | BAGUS WIJANARKO 

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi