Pasar Motor Besar 2010 Diperkirakan Tumbuh 10 Persen  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 20 Januari 2010 00:30 WIB
TEMPO/Arif Arianto

TEMPO Interaktif, Jakarta:Para peminat motor besar di Indonesia memang luar biasa. Di tengah kabar masih meriangnya ekonomi dunia akibat badai krisis keuangan global, ternyata tak menyurutkan minat mereka untuk membeli motor besar. Bahkan, kalangan Agen Tunggal Pemegang Merek memperkirakan pasar motor itu bakal tumbuh 10 persen di 2010 ini.

harley Harley Davidson model 2010 yang dipasarkan oleh PT Mabua Harley Davidson (PT MHD) misalnya, hingga 19 Januari sudah mencapai 150 unit. Lantaran itulah, PT MHD optimistis penjualan 2010 bisa mencapai 400 unit atau meningkat 10 – 11 persen dibanding 2009.

“Tahun lalu penjualan kami 364 unit. Kami optimitis karena prediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai 5,5 – 6 persen,” tandas Irvino Edwardly, Country Gneral Manager sales & Marketing PT MHD kepada Tempo di Jakarta, Selasa (19/1).

Hal serupa dilontarkan A S Nugroho, Presiden Direktur PT Supermoto Indonesia , Agen Tunggal Pemegang Merek Ducati di Indonesia. “Apalagi kondisi 2010 cukup kondusif dan minat konsumen juga cukup tinggi,” ujarnya.

Sebagai contoh, ia menyebut, model terbaru motor besar asal Itali itu, Ducati Multistrada 1200 yang diluncurkan Nopember lalu, telah dipesan empat unit. Padahal, motor yang akan dibanderol mulai Rp 425 – Rp 475 juta baru diluncurkan Juli mendatang.

“Namun, kalau melihat aturan yang ada yaitu tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dan pajak progresif, saya jadi pesimis. Bisa-bisa nggak jualan,” aku dia beberapa waktu lalu.

Irvino setali tiga uang. Menurutnya, meski segmen pasar motor besar adalah kalangan yang memiliki daya beli tinggi, namun bila kebijakan kenaikan tarif PPnBM dan sistem pajak progresif diberlakukan tetap akan berpengaruh.

“Itu saya rasa akan berdampak. Kenaikan pajak lebih berpengaruh ketimbang pertumbuhan ekonomi bagi konsumen motor besar,” sebut dia.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi