PT Toyota Astra Motor Dinobatkan sebagai The Best E-Corp
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 22 Januari 2010 21:24 WIB
Benny Redjo Setyono, Director Finance and Administration Suppport PT TAM (kanan), saat menerima penghargaan The Best e-Corp 2010 dari Ketua Tim JuriBest e-Corp, Kosala (tengah). (Dok. Toyota Astra Motor)

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT. Toyota-Astra Motor (TAM) menerima penghargaan The Best E-Corp 2010 dari majalah SWA atas keberhasilannya menerapkan teknologi informasi dalam menggerakkan bisnis perusahaan.

Penghargaan itu diterima Benny Redjo Setyawan Direktur Finance and Administration Support PT TAM, di Jakarta Kamis (22/1). Menurut Benny, pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu wujud komitmen PT TAM dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.

"Kami selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik melalui The Best Total Ownership Experience atau pengalaman terbaik secara menyeluruh kepada setiap pelanggan. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai penggerak bisnis secara nyata," tuturnya di Jakarta, Jumat (22/1).

Dia menambahkan, dengan pemanfaatna teknologi itu, Toyota bisa membantu setiap kebutuhan konsumen sejak awal mencari informasi, melakukan transaksi pembelian, hingga perawatan kendaraan. "Sehingga para konsumen tidak mengalami kesulitan dalam proses kepemilikan dan perawatan kendaraannya," tandas Benny.

Pelayanan kepada konsumen seperti itu dilakukan Toyota dengan pemanfaatan website, mobile gadget, dan jejaring sosial, hingga penggunaan sistem yang didesain khusus untuk membantu peningkatan kinerja di dalam perusahaan. Sejak tahun lalu Toyota telah meluncurkan toyota mobile website http://m.toyota.astra.co.id dan mobile gadget M-Toyota *898#.

Sementara untuk keperluan internal, Toyota menggunakan sistem warehouse issuing system guna pengelolaan arus keluar masuk suku cadang dari gudang secara akurat. Dengan pemanfaatan sistem itu produktivitas TAM meningkat. Pada 2007 misalnya, meningkat 12,87 persen, dan tahun berikutnya sebesar 8,45 persen.

"Total efisiensi mencapai 864 juta per tahun dan penurunan tingkat kesalahan pengiriman lebih dari 30 persen," sebut Benny.

Majalah SWA menyebut, PT TAM merupakan satu-satunya perusahaan otomotif di Indonesia yang masuk dalam 10 besar daftar perusahaan yang piawai dalam melakukan strategi cerdas dalam pemanfaatan teknologi informasi atau E-Corp.

ARIF ARIANTO | RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi