EcoTin Pelapis Kaca Mobil dari Amerika
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 23 Januari 2010 23:09 WIB
TEMPO/Arif Arianto

TEMPO Interaktif, Jakarta:EcoTint Indonesia memperkenalkan kaca film RayBarrier (RB) tipe terbaru. Varian terbaru itu, diklaim mampu menekan radiasi sinar inframerah hingga 80 persen dan menangkal gelombang ultra violet hingga 99 persen. Pelapis kaca ini ditawarkan mulai US$ 80 - US$ 900 atau sekitar Rp 720 ribu - Rp 8,3 juta per paket.

RayBarrier"Kami akan meluncurkan tipe terbaru pada Februari mendatang. RayBarrier ini menggunakan bahan dasar antimony tin oxide (ATO) yaitu senyawa timah oksida yang memberikan perlindungan sempurna dari radiasi matahari baik untuk bangunan atau kendaraan roda empat," tutur Direktur PT EcoTint Indonesia, Jonatan B. Widjaja, di Jakarta, Sabtu (23/1)

Perangkat ini diproduksi dengan menggunakan teknologi nano. Teknologi ini mampu mengoptimalkan pemanfaatan material pada tingkat yang lebih kecil dari partikel mikroskopis sebagai bahan dasar pembuatan bahan film.

"Dengan demikian, produk ini kompatibel dengan berbagai peralatan elektronik yang menggunankan gelombang elektro magnetik seperti perangkat navigasi, walkie talki maupun telepon seluler," papar Jonatan.

Tak seperti produk lainnya, pelapis ini terlihat seperti tanpa warna bawaan dan transparan. Itu dikarenakan partikel ATO dalam produk ini bisa diurai hingga 10 nano meter atau sepertiga dari besaran gelombang cahaya yang terlihat.

Keunggulan lainnya adalah, kemampuannya menyerap energi matahari yang bisa dikonversi menjadi  energi listrik setara 1110 kilo watt jam. Tapi, jangan berpikir dengan menyerap energi panas matahari itu lantas ruangan tak dingin lagi. Pasalnya, pelapis ini hanya meneruskan 63 persen radiasi yang diterimanya dan mampu menekan 80 persen infra merah dan gelombang hawa panas.

Selain dipasarkan untuk sektor komersial seperti hotel, rumah sakit, perkantoran, pelapis kaca ini juga dipasarkan untuk sektor residensial seperti kondominium dan sektor otomotif.

"Untuk otomotif ini produk kami ini digunakan untuk beberapa merek produk diantaranya Toyota, Daihatsu, Toyota dn beberpa merek lainnya," imbuh Jonatan. Hingga saat ini pelapis kaca tersebut masih diimpor dari Amerika dan Jepang.

Produk terbaru itu ditawarkan dalam beberapa pilihan ketebalan yaitu 40, 60, dan 80 persen.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi