Generasi Teranyar Ford Explorer Lebih Aman dan Bertenaga  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 27 Januari 2010 11:23 WIB
Dok: www.motorauthority.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan otomotif Ford Motor Company akan memperkenalkan generasi teranyar Ford Explorer di ajang Chicago Auto Show Februari mendatang. Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang diluncurkan pertama kali pada 1990 itu kini diklaim memiliki tenaga jauh lebih besar.

“Berkat penggunaan EcoBoost empat-silinder twin turbo V6 seperti yang digunakan Ford Taurus Shod an Lincoln MKS, tenaga kemungkinan akan mencapai 300 daya kuda,” ujar sumber Ford seperti dikutip motorauthority.

Mesin Explorer generasi sebelumnya adalah 4.000 cc dan 4.600 cc yang menghasilkan tenaga 200 dan 230 daya kuda.

Sementara soal fitur, Ford menyebutkan produknya itu dilengkapi fitur terbaru berupa sabuk pengaman seperti kantong udara (airbag) yang akan menggelembung saat terjadi tabrakan. Dengan demikian perlindungan penumpang dan pengemudi terhadap terjadinya risiko di saat tabrakan lebih maksimal.

“Bila terjadi tabrakan, sensor yang ada akan menghitung kekerasan kecelakaan. Bila guncangan itu melebihi batas maksimal ukuran yang ditetapkan, naka sabuk tersebut akan mengembang lima kali lebih besar,” terang dia.

Sabuk pengaman itu akan terisi gas dari pompa gas yang berada di bawah kursi dan bekerja secara otomatis. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi gas itu sangat singkat, yaitu seperempatpuluh detik.

Selain dipasarkan di Amerika, generasi terbaru Ford Explorer itu rencananya juga dipasarkan di Inggris. Namun sayang, hingga saat ini belum ada keterangan resmi ihwal harga mobil tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi