Mobil Toyota di Indonesia Tak Akan Ditarik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 30 Januari 2010 17:33 WIB
.

TEMPO Interaktif, Jakarta -  PT Toyota Astra Motor tidak akan menarik produknya di Indonesia terkait kerusakan pedal gas yang terjadi di Amerika Serikat. "Tidak ada hubungannya, beda pemasoknya," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan ketika dihubungi, Sabtu (30/1).

toyotaJohnny mengatakan kendaraan Toyota di Indonesia dipasok dari Thailand. Alasan lainnya, persoalan yang terjadi di Amerika Serikat disebabkan oleh karpet yang membuat pedal gas tersangkut.

Menurutnya karpet tersebut diproduksi oleh tiap-tiap negara, bukan dari pemasok. Sehingga bukan desain Toyota yang salah, tapi pembuat karpet mobil tersebut. Ia mengatakan desain Toyota sudah melewati serangkaian tes. "Karpet mobil Toyota di Indonesia juga buatan dalam negeri," ujarnya. "Jadi tidak ada hubungannya."

Johnny mengatakan sejauh ini belum ada laporan atau keluhan dari pelanggan Toyota di dalam negeri.

Badan Keselamatan Lalu-lintas Amerika Serikat (NHTSA) meminta Toyota menarik 1,1 juta unit produknya. Produk-produk yang ditarik adalah Toyota Highlander 2008-2010, Corolla model 2009-2010, Toyota Venza 2009-2010, Toyota Matrix 2009-2010, serta Toyota Pontiac Vibe model 2009-2010. Penarikan disebabkan pedal gas tersangkut sehingga tetap berjalan meski tak diinjak.

Sepekan sebelumnya Toyota menarik 2,3 juta produknya karena alasan yang sama.

DESY PAKPAHAN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi