Industri Motor Akan Absen di IIMS 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 1 Februari 2010 18:09 WIB
TEMPO/Puspa Perwitasari
TEMPO Interaktif, Jakarta - Kalangan industri sepeda motor nasional dipastikan tak akan mengikuti hajatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2010 seperti yang digelar pada 2009 lalu. Selain akan menggelar acara serupa yaitu Jakarta Motorcycle Show (JMS) di akhir tahun, kalangan industri otomotif roda dua itu melihat waktu penyelenggaraan IIMS kurang pas.

"Karena waktunya tidak pas saja, karena kami dari kalangan industri sepeda motor juga memiliki agenda yang sama yang akan kami gelar pada akhir tahun. Dan sejatinya ide ini sudah lama," tutur Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) kepada Tempo di Jakarta, Senin (1/2).

Gunadi juga menyebutkan, meski berlabel Jakarta, namun JMC merupakan hajatan yang bersifat nasional, bahkan internasional. Pasalnya, tutur pria yang kerap disapa Pak Kang itu, para peserta yang nota bene adalah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang mengikuti gelaran itu juga menjadi wakil principal yang berada di manca negara.

Satu hal lagi, kata Gunadi, JMC tidak semata-mata menjadi sarana untuk berjualan atau transaksi semata. "Lebih dari itu, ajang JMC itu menjadi wahana bagi kami untuk menunjukkan kepada khalayak bahwa inovasi teknologi, desain, dan dinamika pasar sepeda motor it uterus berkembang. Sehingga ada interaksi antara konsumen dengan kalangan industri untuk kemajuan bersama," papar dia.

Sebelumnya Diah Putri, Public Relation Officer IIMS 2010 mengatakan hingga saat ini penyelenggara hajatan itu masih melakukan pembicaraan dengan AISI untuk memastikan keikutsertaan anggota asosiasi tersebut pada IIMS 2010. "Jadi hingga saat ini masih on progress, apakah nanti kalangan industri sepeda motor akan ikut di gelaran IIMS 2010 atau tidak masih belum ada kata final," tutur Diah saat dihubungi Tempo, Senin (1/1).

Hajatan IIMS 2010 rencananya digelar 23 Juli – 1 Agustus 2010. Penyelenggara, yaitu Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mematok target transaksi nyang dicatatkan di gelaran ini mencapai Rp 2 triliun dengan 7.000 transaksi.

Sedangkan JMC 2010 rencananya digelar pada 6-14 Desember mendatang. Soal target, Gunadi mengaku tidak ada target. "Tidak ada target, memang ini ajang promosi tetapi lebih cenderung sebagai informasi tentang perkembangan industri motor. Tapi kalau ada transaksi ya syukur," tandasnya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi