Waduh, Peugeot Juga Tarik Produknya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 2 Februari 2010 10:30 WIB
.
TEMPO Interaktif, Paris - Pabrikan otomotif asal Perancis, PSA Peugeot Citroen, Senin (1/2) mengumumkan penarikan kembali 97 ribu unit produknya. Mobil yang ditarik itu merupakan hasil kerja sama pabrikan asal Prancis itu dengan Toyota.

Seperti dilansir Fox News, mobil yang ditarik itu adalah model Peugeot 107, Citroen 1, serta Toyota Aygo. Ketiganya merupakan model yang diproduksi di pabrik milik Peougeot – Toyota di Kolin, Republik Ceko.

“Pabrik ini memproduksi sekitar 330.000 unit per tahunnya. Sekitar dua per tiganya adalah Peugeot 107 dan Citroen C1, dan sisanya Toyota Aygo,” tutur Jean-Marc Sarret, Juru Bicara PSA Peugeot – Citroen.

Alasan penarikan ini, sama seperti mobil yang diproduksi Toyota yang beberapa hari terakhir dikabarkan ditarik yaitu pedal gas yang bermasalah. “Kami tentunya juga harus melakukannya (penarikan kembali-red) seperti mobil Toyota yang selama ini diduga mengalami masalah (pedal gasnya-red),” tandas Sarret.

Namun dia menegaskan bahwa tidak semua pedal gas yang ada di mobil produksi hasil kongsi dua pabrikan itu bermasalah. “Komponen yang bermasalah (pedal gas) tidak digunakan di semua kendaraan (Peugeot 107 dan Citroen 1). Mungkin itu hanya 10 persen saja dari Citroen C1 dan Peugeot 107 yang beredar di pasar,” papar Sarret.

Lantas bagaimana dengan Peugeot di Indonesia? PT Astra Peugeot selaku distributor dan pemegang merek Peugeot di Indonesia menegaskan tidak ada penarikan kembali produk Peugeot di Indonesia.

“Karena model Peugeot 107 tidak dipasarkan di Indonesia. Model itu itu merupakan produk yang diproduksi di Ceko dan dipasarkan di Eropa,” tutur Dani Irawati, Public Relation & Promotion PT Astra Peugeot saat dihubungi Tempo, di Jakarta, Selasa (2/2).

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi