Volvo C30 R-Design, Sudah Siap Dipesan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 9 Februari 2010 20:16 WIB
Tampilan depan Volvo C30 R-Design yang sudah siap dipesan. (Dok. Volvo)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Diam-diam Volvo punya senjata baru yang siap dipesan. Lewat PT Indobuana Autoraya, distributor merek Volvo di Indonesia, pabrikan awal Swedia itu menawarkan model Coupe Volvo C30 R-Design.

"C30 R-Design sistemnya ready to order (siap di pesan)," kata Paulus B Suranto, CEO PT Indobuana Autoraya, ketika dihubungi Selasa (9/2). "Peminat bisa melakukan pemesanan di dealer kami. Kendaraannya sendiri akan didatangkan langsung dari Swedia."

Paulus mengatakan konsumen bisa memilih fitur dan kelengkapan yang diinginkan pada mobil yang pertama kali di perkenalkan di Frankfurt Motor Show 2009 itu. Coupe yang menyasar segmen eksekutif muda dan kaum metroseksual itu punya tampilan sudah di-upgrade secara menyeluruh. Mulai dari eksterior, interior hingga sistem suspensinya. Namun untuk dapur mesin tidak ada perubahan.

C30 R-Design dirancang dengan desain mendekati mobil-mobil balap Volvo. Salah satu materi penting pada paket R-Design adalah penggunaan sasis yang lebih keras tapi adaptif, demi menyeimbangkan bodi mobil ketika menikung di kecepatan tinggi. Tingkat kekerasan sasis juga diimbangi dengan sistem kemudinya, sehingga kendaraan menjadi lebih mudah dikendalikan.

Sistem steering dibuat lebih akurat dengan meletakkan bushing yang lebih keras. Rasio steering dibuat lebih rendah, yang memberikan respon 10% lebih cepat yang bisa dirasakan pengemudinya ketika menggenggam setir.

Tingkat kekerasan per juga ditambah hingga 30%. Damper didesain dengan bentuk monotube yang juga didesain lebih keras agar mampu menahan tekanan lebih cepat. Batang stabilizer juga ikut dikeraskan, untuk membantu menahan beban bodi ketika mobil masuk ke tikungan dengan kecepatan penuh.

Dari sisi eksterior, paket R-Design meliputi emblem yang melekat di gril depan. Gril dan kaca spionnya sendiri diproduksi menggunakan material yang difinishing secara special menggunakan silk metal. Penampilannya dibuat lebih sangar dengan penggunaan body kit menyeluruh, yang meliputi spoiler depan dan belakang, door trim moulding yang lebih rendah dan warna side-skirt yang senada dengan bodi.

Knalpotnya menggunakan material chrome-plated sport berdiamater 90 mm. Perangkat lain yang disediakan adalah velg Cratus five-spoke 17-inci yang dibuat dari bahan aluminium. Bila konsumen menginginkan yang lebih besar, tersedia versi opsional 18-inci.

Jati C30 R-Design disematkan lewat embos di tiap kursi. Desain centre stack (kotak konsol tengah yang mengambang) dan panel-panelnya juga didesain secara khusus. Gear lever knob dibalut kulit dan aluminium. Pedal-pedalnya menggunakan bahan aluminium dengan lapisan karet. Setirnya juga dibalut kulit dengan emblem R-Design. Speedometer berwarna biru dengan instrument penghitung putaran mesin.

Paulus mengungapkan untuk harga tergantung pada model dan kelengkapan fitur yang diinginkan. Selain model coupe, pihaknya juga siap mendatangkan model-model lain R-Desaign. "Ada juga C30 R-Design versi sedan dan yang baru adalah SUV XC90 R-Design," tutupnya.

Anda sudah siap memesan?

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi