Ford Ceria Sambut Fiesta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 9 Februari 2010 21:58 WIB
Hatchback baru Ford, Ford Fiesta, yang akan diluncurkan di Indonesia bulan Juli mendatang. (AP Photo/Carlos Osorio)
TEMPO Interaktif, Jakarta"Get Ready to be stunned in year 2010". Tulisan dengan latar warna-warna cerah kini menghiasi dalam laman resmi PT. Ford Motor Indonesia. Laman beralamat www.ford.co.id itu, kini lebih meriah ketimbang sebelum-sebelumnya yang terkesan keukeuh.

Pemegang merek Ford di Indonesia itu memang tengah sumringah dan antusias memasuki tahun 2010. Bukan lantaran tahun ini tahun Macan, tapi karena Ford tengah bersiap menyambut produk terbaru mereka; New Ford Fiesta.

Fiesta memang baru diluncurkan pertengahan tahun ini. "Kita menunggu setelah setelah perhelatan Piala Dunia 2010," kata Will Angove, Presiden Direktur PT Ford Motor Indonesia.

Bukan tanpa alasan mengapa Ford 'jauh-jauh' hari sudah menggemakan kedatangan Fiesta. Tahun ini, FMI mematok target penjualan di angka 7.000 unit. Jika bicara jumlah, angka ini termasuk konservatif karena tak banyak beranjak dari raihan mereka tahun 2009 lalu yang mencatat angka 6.447 unit.

Tahun 2009 kemarin, Ford berada di peringkat sembilan penjualan nasional. Ford Ranger masih menjadi tulang punggung penjualan dengan penjualan sebanyak 4.225 unit. Disusul Ford Everest 1.225 unit diikuti Ford Focus sebanyak 718 unit.

Tapi dengan masuknya Fiesta, Ford makin optimistis. Yup, Fiesta sebenarnya masuk dalam segmen 'keras'. Di kelas ini, Ford harus menghadapi nama-nama lawas macam Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift yang jelas sulit ditumbangkan. Belum lagi pesaing seperti Chevrolet Aveo, Hyundai i20, dan sepupu Fiesta sendiri Mazda2.

Toh, memasuki persaingan ketat ini bukan hal yang ditakuti Ford. Davy Tuilan, Marketing Director PT FMI, punya penjelasannya. Ia menyebut di segmen B Car--posisi Fiesta--terdapat tiga sub-segmen konsumen. "Pertama, mereka yang loyal dengan merek tertentu. Jadi meski produknya berharga Rp 200-an juta mereka tetap membeli," jelasnya.

"Kedua. Kelompok yang bermain di angka Rp 180 sampai Rp 190 juta. Sedangkan yang ketiga adalah yang sangat strike dengan harga. Nah, Ford sudah mempelajari dimana Fiesta akan bermain. Tapi dimana? Nanti akan kami sampaikan," katanya sembari berahasia.

Tantangan bukan hanya disegmennya sendiri. Saingan lain, yang bisa merebut pasar, ada di segmen B Mav (low MPV) yang dihuni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Dua saudara ini merengkuh sekitar 160 ribu unit atau 33 persen dari total penjualan nasional.

Namun Ford memperkirakan pasar B Segmen yang sempat turun dari 10 persen menjadi 8 persen tahun 2009 lalu akan kembali naik ke angka 10 persen di tahun 2010. Artinya, kesempatan Fiesta mendapat 'kue' di segmen ini juga terbuka lebar.

Modalnya? Will menyebut Fiesta punya semua teknologi pintar untuk mobil sekelasnya. Terbukti dengan status mobil terlaris kedua di Eropa dengan angka penjualan di atas 300 ribu unit sejak diperkenalkan pada Oktober 2008.

Tak salah jika Will Angove sama cerianya dengan laman baru Ford Motor Indonesia. "Tunggu saja. Kami akan datang dengan mobil yang punya kualitas dan harga yang pantas. Rugi jika tidak menunggu kedatangan Fiesta," katanya.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi