FIA Peringatkan Tim Baru F1 untuk Tak Absen di GP Awal  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 11 Februari 2010 08:52 WIB
Grand Prix Formula One Bahrain. AP/Luca Bruno
TEMPO Interaktif,Milan:Dua tim anyar Formula Satu U.S F1 dan Campos akan melanggar peraturan jika mereka tidak siap pada waktunya untuk tampil pada Grand Prix pembuka di Bahrain pada 14 Maret. Hal ini ditegaskan Federasi Otomotif Internasional (FIA) Rabu (10/2) waktu setempat.

Baik U.S F1 maupun Campos belum juga memberitahukan pembalap yang akan mewakili mereka. Presiden FIA Jean Todt yang menyitir Perjanjian Concorede, yang mengatur semua peraturan tentang F1, memperbolehkan setiap tim untuk absen pada tiga race awal.

Namun, juru bicara FIA mengatakan pernyataan Todt telah salah dikutip “Setelah menganalisis detail masalah hukum secara hati-hati,” tulis penyataan resmi FIA.  Pernyataan FIA tidak menyebutkan apakah sanksi akan diberikan jika sebuah tim absen pada race awal. “Dari sudut pandang peraturan, setiap tim yang telah mendaftarkan untuk berlaga harus mengambil bagian di setiap lomba musim ini,” tulis pernyataan FIA.   “Setiap kegagalan untuk tampil, meskipun hanya satu lomba, merupakan pelanggaran baik itu Perjanjian Concorde dan peraturan FIA,” jelas pernyataan resmi FIA.

REUTERS | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi