Honda Supra dan Tiger Raih Top Brand Award 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 11 Februari 2010 11:36 WIB
Honda Tiger
TEMPO Interaktif, Jakarta - Honda Supra dan Tiger, dua varian produksi Honda Motor, menyabet penghargaan tertinggi sebagai merek yang paling banyak dikenal masyarakat atau Top Brand Award 2010 dari Frontier Consulting Group.

“Pencapaian ini menunjukkan kuatnya sebuah merek dan loyalitas konsumen yang tinggi terhadap Honda. Supra bertengger di posisi puncak pada segmen motor bebek mengalahkan tipe bebek andalan milik produsen lain,” tutur Kristanto, Kepala Komunikasi Perusahaan PT Astra Honda Motor (PT AHM), pemegang merek sekaligus produsen motor Honda di Indonesia, dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (11/2).

Menurut Kristanto, Honda Tiger berhasil berada di puncak segmen motor sport di tanah air. Selain menyabet Top Brand Award, PT AHM juga menerima penghargaan pertumbuhan penjualan tercepat untuk dua varian skutiknya yaitu Honda Vario dan Honda BeAT.

Sementara itu, pengamat pemasaran otomotif Abiyoga Nursanpratama mengatakan produk yang membukukan penjualan tinggi belum tentu bisa menempati posisi puncak sebuah merek di benak konsumen. Begitu pula sebaliknya.

Pasalnya, jumlah pembeli produk bersangkutan merupakan hanya sebagian dari total populasi yang ada di masyarakat. Sedangkan yang mengenal suatu produk, meski mereka belum tentu membeli, jauh lebih banyak.

“Ini (top brand) merupakan referensi yang ada di benak konsumen atau masyarakat. Dengan survei atau polling dengan metode acak dan sample acak pula. Mereka ditanya apa merek yang mereka kenal dalam satu varian produk tertentu. Muncullah merek di top of mind masyarakat. Itulah Top Brand,” tutur Abi saat dihubungi di Jakarta , Kamis (11/2).

Namun semakin dikenal merek suatu produk maka potensi untuk dibeli juga semakin besar. Karena referensi merek produk yang ada di benak konsumen itu merupakan dasar atau pijakan yang kuat bagi mereka untuk menentukan pilihan saat melakukan pembelian.

“Sebab, brand bukan hanya sekadar nama tetapi juga kualitas produk, layanan mulai dari pembelian hingga layanan purna penjualan, itu pertimbangan rasional yang digunakan konsumen untuk menentukan pilihan. Itulah, perilaku rasional konsumen,” papar Abi.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi