Volkswagen Ikut-ikutan Tarik Hampir 200 Unit Produknya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 12 Februari 2010 07:35 WIB
.

TEMPO Interaktif, Rio de Janeiro - Penarikan Volkswagen (VW) Novo Gol dan VW Voyage itu dikarenakan adanya permasalahan pada bantalan roda belakang dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Pabrikan otomotif asal Jerman Volkswagen AG, Kamis (11/2) waktu setempat mengumumkan menarik 193.620  unit Volkswagen (VW) Novo Gol dan Novo Voyage. Kedua model itu merupakan produk yang diproduksi dan dipasarkan di Brazil.

Alasan penarikan itu dikarenakan berkurangnya minyak pelumas pada bantalan roda belakang. “Bila mobil mobil digunakan terus (dalam kondisi bantalan roda kekurangan minyak), roda belakang akan terkunci, atau bahkan roda lepas dan menimbulkan kecelakaan,” tutur sumber VW Brazil seperti dilaporkan Reuters seperti dikutip Theworldcars, Kamis (11/2).

Namun, penarikan tersebut hanya berlaku untuk model Novo Gold an Voyage yang diproduksi sebelum Juli 2009. Mobil keluaran setelah Juli bebas dari penarikan.

Sumber di VW itu juga menolak jika disebut pihaknya lamban dalam menindaklanjuti persoalan ini. “Bagaimana pun kami memerlukan waktu untuk mengindentifikasi dan memastikan persoalan ini. Apa permasalahannya dan bagaimana perbaikannya,” tutur sumber itu.

Penarikan ini merupakan kali ketiga sejak 2008 lalu. Seperti diketahui, pada April 2008, VW juga menarik 477.000 model kompak VW Fox yang juga diproduksi Brazil . Penarikan itu dikarenakan adanya permasalahan di jok depan.

Bahkan dilaporkan, sembilan orang pemilik mobil jarinya harus diamputasi dan 14 orang lainnya mengalami luka karena terjepit di bagian jok tersebut. Pada Desember tahun yang sama, 120 ribu unit model Fox, Novo Gol, dan Voyage juga harus ditarik kembali karena adanya permasalahan pada rem.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi