Hyundai Jamin Sonata di Indonesia Tak Bermasalah
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 24 Februari 2010 15:19 WIB
9carpictures.com

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) distributor Hyundai di tanah air menegaskan Hyundai Sonata di Indonesia aman dari kemungkinan penarikan kembali. Selain modelnya berbeda dengan yang ada di Amerika Serikat, komponen kunci pintu yang ada di Hyundai Sonata di Indonesia juga dibuat oleh perusahaan yang berbeda dengan Hyundai Sonata di Negeri Paman Sam tersebut.

Hyundai Sonata "Model yang ditarik di Amerika Serikat itu kan model 2011, sementara yang di Indonesia model keluaran 2009. Selain itu model yang ada di Amerika diproduksi di negara itu dengan pemasok komponennya perusahaan setempat. Sementara Indonesia dari Korea Selatan," tutur Jongkie D. Sugiarto, Presiden Direktur PT HMI saat dihubungi Tempo di Jakarta, Rabu (24/2).

Jongkie menegaskan, hingga saat ini belum ada laporan atau keluhan yang disampaikan pengguna Hyundai Sonata di Indonesia terkait dengan sistem pengunci pintu. Begitu pula, belum ada kabar yang menyebutkan telah terjadi kecelakaan atau kasus yang berkaitan dengan sistem pengunci pintu Hyundai Sonata di Indonesia.

"Bahkan dari prinsipal kami di Korea pun belum ada sinyal atau indikasi bahwa ada persoalan di Hyundai Sonata di Indonesia," tegasnya.

Menurut Jongkie, jumlah Sonata di Indonesia saat ini hanya 75 unit. Itu pun untuk armada taksi yang dioperasikan oleh sebuah perusahaan jasa layanan transportasi di Jakarta.

Seperti dilaporkan Reuters, Hyundai Motor Co (HMC) Rabu (23/2) mengumumkan menghentikan sementara penjualan Sonata 2011 di Amerika Serikat. Langkah itu diambil menyusul laporan adanya kerusakkan pada sistem pengunci pintu depan.

Meski belum ada laporan kecelakaan namun keluhan telah diterima Hyundai. Disebutkan pula, pabrikan asal Korea itu menyatakan selambat-lambatnya Senin pekan depan akan menghentikan order pembelian Hyundai Sonata di Amerika.

Bahkan, pabrikan ini telah memberitahukan ihwal keridaberesan komponen sistem pengunci pintu tersebut ke National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Juru bicara Hyundai Motor, Miles Johnson mengatakan pihaknya juga sudah siap mengirimkan sukucadang pengganti ke seluruh dealer Hyundai yang ada.

"Kami berharap perbaikan hanya berlangsung satu jam, dan mulai Rabu pekan depan perbaikan sudah mulai dilakukan. Kami telah memberitahu konsumen melalui surat elektronik," papar Johnson.

Hyundai juga menyebut, dari 5.000 unit Sonata anyar yang diperkirakan bermasalah itu, 1.300 unit diantaranya telah dibeli konsumen. 

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi