Berlinang Air Mata, Toyoda Minta Maaf di Sidang Parlemen Amerika Serikat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 25 Februari 2010 16:06 WIB
Akio Toyoda. REUTERS/Yuriko Nakao
TEMPO Interaktif, Washington - Dengan linangan air mata Presiden Toyota Motor Corp. Akio Toyoda meminta maaf kepada anggota Parlemen Amerika Serikat atas gangguan keselamatan produksi kendaraannya. Para politisi Jepang berharap langkah Toyoda dapat mengembalikan kepercayaan negara terhadap perusahaan.

Pada pertemuan itu, Toyoda dihujani berbagai pertanyaan oleh sejumlah anggota Parlemen soal penarikan kendaraan produksi Toyota. Selain meminta maaf yang begitu mendalam, Toyoda menjelaskan bahwa penarikan itu sebagai suatu kecelakaan dan "Sangat melukai."

Dia jelaskan, Toyota telah kehilangan arah selama periode pertumbuhan produksi, tetapi dia bersumpah akan mengembalikan arah itu dengan cara meningkatkan kualitas sebagai semboyan perusahaannya.

Pidato ucapan maaf Toyoda disiarkan secara langsung melalui layar raksasa. Di bawah layar tertulis nama perusahaan yang didirikan oleh legendaris kakeknya. Kalimat yang dikeluarkan keluar dari mulut Toyoda terdengar terbata-bata karena menahan isak tangis.

"Saya percaya Toyota selalu bekerja demi keuntungan di Amerika Setikat," ucapnya. Ia melanjutkan, "Saya mencoba menyampaikan ini dari hati yang paling dalam, tetapi apakah bisa dimengerti atau tidak, saya tidak tahu."

Keberadaan Toyoda di Washington sebagai sebuah puncak drama atas krisis keamanan kendaraan produksi Toyota. Bulan lalu, perusahaan ini telah menarik 8,5 juta kendaraannya di seluruh dunia karena masalah akselerasi dan rem mobil.

Oleh sebab itu, kehadiran Toyoda di Amerika Serikat sebagai salah satu pasar terbesar mendapatkan dukungan pemerintah dan politisi Jepang. Sebab kasus penarikan mobil-mobil produksi Toyota dapat mempengaruhi pasar otomotif Jepang. Toyota menguasai pasar otomotif dunia dengan omset US$125 miliar atau kira-kira Rp 1.168 triliun. Jika masalah tersebut tidak segera diselesaikan hal itu dapat menggoyang kesehatan ekonomi Jepang

"Apa yang dilakukan oleh Presiden Toyota di Amerika Serikat sangat baik," ujar Perdana Menteri Yukio Hatoyama kepada para wartawan di Tokyo, Kamis waktu setempat.

Menteri Perdagangan Jepang Masayuki Naoshima mengatakan masalah Toyota bisa menimbulkan imej negatif kepada produk-produk Jepang dan dia menginginkan produsen mobil dapat mengembalikan lagi kepercayaan konsumen.

REUTERS | CHOIRUL

#Toyota

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi