G350 Blue Tec, Mobil Off Road Paling Ramah Lingkungan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 1 Maret 2010 23:39 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, Berlin:Pabrikan otomotif Jerman, Mercedes Benz, Senin (1/3) mengumumkan spesifikasi generasi teranyar Mercedes G Class yang disebut Mercedes G350 Blue Tec. Versi Jip legenda Mercedes yang telah berusia 31 tahun itu diklaim sebagai model paling ramah lingkungan di kelasnya.

Mercedes berani mengklaim predikat itu, karena telah membekali G350 Blue Tec dengan fitur AdBlue. "Fitur ini merupakan sebuah piranti yang berfungsi menghasilkan embun urea, dan selanjutnya urea cair itu disemprotkan ke saluran gas buang," tutur sumber Mercedes seperti dikutip autoevolution.

Melalui reaksi kimia yang terjadi saat pelepasan gas buang itulah, urea cair itu berubah menjadi gas amonia. Gas itulah yang mengurai nitrogen oksida menjadi nitrogen dan air. Walhasil, gas buang (nitogen oksida) yang sebelumnya dianggap sebagai racun telah diubah menjadi zat-zat yang ramah lingkungan.

TG350 BT 2ak hanya itu, Mercedes juga menyebut tingkat emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil ini sangat rendah. Meski tak secara rinci, pabrikan ini mengklaim tingkat emisi gas buang varian generasi anyar G Class ini lebih rendah ketimbang generasi pendahulunya, yaitu G 350 CDI dan sesuai standar Euro 5.

Generasi anyar di jajaeran G Class ini ditawarkan dalam beberapa tipe. Tipe standar dibekali mesin disel V6 yang mampu menyemburkan tenaga hingga 210 daya kuda pada 3.400 rpm.

Sementara torsi maksimum mencapai 540 Newtonmeter (Nm) pada 1.600 - 2.400 rpm. Namun, sebagai kendaraan off road, tipe ini telah dilengkapi piranti pengontrol traksi 4ETS yang bekerja secara elektonis.

Fitur lainnya adalah, perangkat Electronic Stability Program (ESP), serta sistem differential locks yang bisa dipilih dengan hanya menekan tombol senyaman all-wheel drive dengan rasio off-road. Sementara sistem transmisinya menggunakan transimisi otomatis 7G-Tronic. T

ipe lainnya adalah mesin bensin 5.500 cc V8 dengan tenaga hingga 388 daya kuda serta torsi 530 Nm. Bahkan tipe tertinggi yaitu G 55 AMG, menggunakan mesin 5.500 cc V8 supercharger yang mampu menyemburkan tenaga hingga 507 daya kuda dan torsi maksimum hingga 700 Nm.

Namun sayang Mercedes tak memberi keterangan ihwal harga maupun waktu pemasaran generasi baru di keluarga G Class tersebut.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi