Jok Bermasalah, Mazda Tarik 12.300 Unit CX-9
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 2 Maret 2010 20:05 WIB
Mazda CX9 (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, New York - Aksi penarikan produk (recall) saat ini tak ubahnya virus influenza yang gampang sekali menular di kalangan pabrikan otomotif. Setelah Toyota, Honda, Nissan, Peugeot, Chrysler, dan lain-lain, kini kabar terbaru menyebut Mazda juga melakukan aksi yang sama. Pabrikan asal Jepang ini harus menarik 12.300 unit Mazda CX-9 di Amerika Serikat lantaran sistem penghangat penumpang yang diletakkan pada bagian jok berpotensi mengalami pemanasan yang tinggi (overheat).

Walhasil, ketidakberesan piranti itu dinilai berpotensi menimbulkan kebakaran. Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration /NHTSA) seperti dikutip insidelines menyebutkan tak kurang dari 12.300 unit yang bermasalah.

"Bila cuaca dingin kemungkinan sirkuit kontrol pada sistem penghangat jok tersebut memanas melebihi batas, karena sistem kelistrikan yang tidak beres. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan kebakaran pada bagian depan kursi penumpang,” sebut lembaga itu.

Varian Sport Utility Vehicle Mazda yang harus ditarik itu merupakan model yang diproduksi di Hiroshima, Jepang mulai 28 Juli 2009 hingga 14 Januari 2010.

Sementara itu, manajemen Mazda mengatakan masalah ini merupakan pertama kalinya yang menimpa Mazda setelah ada pengaduan yang berkaitan dengan sistem penghangat di bagian kursi penumpang tersebut.

Saat ini dealer Mazda di Negeri Paman Sam memasang piranti ground harness yang berfungsi untuk mengontrol sistem penghangat di Mazda CX-9 tersebut. Kendati demikian, Mazda berjanji akan melakukan perbaikan bila memang dirasa perlu, dan perbaikan itu akan dilakukan mulai 9 Maret mendatang.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi