Suzuki Splash Dilepas Mulai Rp 139 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 4 Maret 2010 19:27 WIB
Suzuki Splash (www.netcarshow.com)

TEMPO Interaktif, Denpasar - Model anyar besutan Suzuki, Suzuki Splash rencananya diluncurkan di Indonesia pada 21 Maret mendatang. Mobil kompak yang disebut sebagai mini Multi Purpose Vehicle (MPV mini) itu dibanderol mulai Rp 136 – 145 juta.

"Harga tersebut untuk varian transmisi manual yang saat ini akan kami pasarkan. Vrain ini ada dua tipe, yaitu tipe standar dengan harga Rp 136 juta dan tipe diatasnya atau tipe GL dibanderol Rp 145 juta," tutur Endro Nugroho, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), di sela acara first drive Splash di Denpasar, Bali, Kamis (4/3).

Splash yang diimpor langsung dalam bentuk utuh (completley built up) tersebut, dibekali mesin 1.200 cc. Kendati berukuran mungil, namun kapasitas bagasinya mencapai 571 liter. "Karena bangku belakang b isa dilipat saat tidak diperlukan. Jadi kapasitas bagasinya besar untuk ukuran mobil mini," terang Endro.

Selain itu, pada tipe GL sudah dilengkapi perangkat audio dengan pemutar cakram padat dan radio. Tak lupa Suzuki juga melengkapinya dengan koneksi i-Pod serta Bluetooth.

Sementara pada bagian depan, bentuk grill berbeda dengan varian kompak Suzuki lainnya. Splash memiliki grill lazimnya mobil Eropa, yaitu berukuran besar dengan satu garis di tengahnya. Tampilan depan semakinn manis dengan hadirnya lampu kabut dengan cover hitam.

Pada bagian buritan, spoiler didesain datar sesuai dengan atap. Sedangkan bentuk bodi di bagian ini dibuat melengkung yang mirip dengan Toyota Yaris namun lebar yang nyaris sama dengan Suzuki X-Over.

"Memang, Splash ini merupakan hasil riset para engineer Suzuki di Jerman selama 10 tahun (1998 – 2008). Sehingga mobil ini kental dengan sentuhan Eropa," terang John Saragih, Deputi Marketing Manager Brand II PT SIS.

Ihwal segmen pasar yang akan dibidik PT SIS dengan Splash ini, Endro Nugroho menyebut kalangan keluarga muda yang dinamis. Hal iitu, lanjutnya, sesaui dengan positioning splash. "Kami memposisikan Splash sebagai pilihan antara Karimun Estillo dengan Suzuki Swift. Sehingga, bagi pecinta Suzuki memiliki ragam pilihan yang lengkap," tandasnya.

Mini MPV lima tempat duduk ini bertransmisi manual dengan lima percepatan. Antara tipe standar dengan tipe GL perbedaannya hanya pada velg, pada tipe standar menggunakan velg besi 14 inci, sedangkan tipe GL velg berbahan alloy ukuran 15 inci, di tipe GL telah dilengkapi sistem audio di tipe standar belum ada, perbedaan lainnya tipe standar belum dilengkapi alarm, tipe GL telah terpasang.

Mobil yang diproduksi oleh Suzuki Maruti India itu ditargetkan bisa terjual 800 unit saban bulan. Untuk tahap awal, PT SIS akan memasarkannya di Jawa dan Bali.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi