Xenia Sumbang 57,76 Persen Penjualan Daihatsu
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 5 Maret 2010 13:56 WIB
Deretan mobil di perakitan mobil PT Astra Daihatsu Motor, Jakarta (TEMPO/Imam Sukamto)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Tanda-tanda Xenia bakal menjadi penyumbang terbesar penjualan Daihatsu tahun ini sudah mulai terlihat. Sepanjang Februari lalu Xenia mencatat penjualan sebesar 4.626 unit atau 57,76 persen dari total penjualan Daihatsu bulan lalu yang tercatat 8.008 unit.

Meskipun baru selang dua bulan kerja, penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada bulan Februari 2010 yang mencatat angka 8.008 unit tersebut meningkat 7.5% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 7.933 unit. Tambahan ini membuat total penjualan Daihatsu tahun 2010 menjadi 15.941 unit, dengan pangsa pasar 15,6% dari total market 102.400 unit mobil yang terjual di tanah air.

Selain Daihatsu Xenia yang penjualannya lebih tinggi 2% dibanding bulan Januari lalu, dominasi Daihatsu Gran Max di kelas komersial dipertegas dengan meraih pangsa pasar sebesar 47% pada Februari. Gran Max berhasil mempertahankan angka penjualannya yang tinggi sebanyak 1.762 unit.

Di kelas SUV, Terios terjual sebanyak 1.203 unit, atau meningkat sebesar 9% dibanding bulan sebelumnya. Dengan tambahan penjualan tersebut, Daihatsu Terios kini telah terjual sebanyak 2.315 unit selama periode Januari hingga Februari 2010, dengan pangsa pasar 44% di kelas medium SUV.

Sedangkan Luxio, turut memberikan kontribusi bagi sebanyak 382 unit dan Sirion sebanyak 35 unit.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM, mengatakan secara umum pasar kembali bergairah, terutama segmen komersial, yang didukung oleh stabilnya perekonomian dan berbagai program penjualan yang gencar dijalankan hampir seluruh merek kendaraan. "Semoga pasar terus membaik dalam bulan-bulan mendatang," katanya.

”Kustomer kini cenderung membeli mobil dengan lebih selektif dan rasional. Mobil yang irit bahan bakar dan value for money kini lebih disukai, dan model-model Daihatsu menjadi salah satu pilihan bagi konsumen,” jelas Amelia.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi