Lambat Tarik Produknya, Fiat Didenda Rp 11,3 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 15 Maret 2010 10:22 WIB
Fiat Stilo. Auutoevolution.com

TEMPO Interaktif, Rio de Janero - Pemerintah Brazil melalui Kementerian Kehakiman, menjatuhkan denda US$ 1,2 juta kepada pabrikan otomotif Fiat, lantaran lelet menarik kembali (recall) produknya yang dipasarkan di negara itu. Fiat Stilo, ditengarai bermasalah dan menyebabkan melayangnya nyawa sejumlah orang sejak 2004.

Roda bagian belakang mobil itu disinyalir tidak berfungsi dengan baik, sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Begitulah salah satu isi laporan pemerintah Brazil seperti dikutip autoevolution.

Bahkan, dalam enam tahun terakhir tak kurang dari 30 kecelakaan telah terjadi dengan akibat dari permasalahan di roda belakang itu. “ Para pemilik telah melaporkan permasalahan itu sejak 2004 lalu. Fiat juga sudah diminta untuk menarik Stilo pada 2006, 2007, 2009 serta 2009, tak menggubrisnya. (Lantaran) menolak permintaan itulah, denda (ini) dijatuhkan,” Renato Oliviera, juru bicara Kementerian Kehakiman Brasil, Minggu (14/3).

Sedangkan piihak Fiat yang telah menerima surat resmi permintaan penarikan produk itu, menyatakan segera menarik Stilo. Hanya, pabrikan asal Itali itu tak menyebut, kapan waktu penarikan itu mulai dilaksanakan pun berapa model yang ditarik, dus program apa yang akan dikerjakan dalam penarikan produk itu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi