Soal Loyalitas Konsumen, Hyundai Geser Toyota di Posisi Teratas
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 17 Maret 2010 09:25 WIB
Dok: www.netcarshow.com
TEMPO Interaktif, New York - Pemberitaan ihwal penarikan kembali model Toyota dalam beberapa waktu terakhir memberi dampak serius terhadap citra merek Toyota dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Kelley Blue Book’s (KBB). Menurut lembaga ini, Toyota telah tergeser dari posisi puncak dalam daftar peringkat loyalitas konsumen terhadap merek.

Sementara, Hyundai yang pada kuartal terakhir 2009 lalu masih berada di posisi ketiga kini posisinya terus merangkak naik. Kini Hyundai menggantikan Toyota di posisi pertama dalam hal loyalitas konsumen terhadap merek.

Loyalitas konsumen terhadap merek ini jumlahnya meningkat sepanjang Februari lalu. Hasil penelitian KBB menyebutkan konsumen yang mencari (mobil) merek baru, 10,4 persen lebih di antaranya memilih Hyundai.

“Sepanjang 2009 lalu, tidak menunjukkan ada tanda-tanda bagi Hyundai (untuk menaiki posisi puncak), dan kami akan menjaga momentum 2010 ini,” tutur John Krafcik, Kepala Eksekutif Hyundai Amerika, seperti dikutip autoevolution, Selasa (16/3).

Krafcik menegaskan semakin banyak calon konsumen yang memasukan Hyundai dalam daftar rencana pembelian mobil setelah mereka tahu kualitas merek ini. “Karena kami menawarkan sejumlah model Hyundai dengan desain menawan, irit bahan bakar serta nyaman,” tandas dia.

Hyundai Sonata 2011 misalnya, diklaim sebagai salah satu model yang masuk dalam daftar Top 10 Most-Researched New Vehicles. Sedan saloon anyar besutan Hyundai itu, berada di posisi kelima setelah Honda Accord, Honda Civic, Toyota Camry, serta Honda CR-V.

"Momentum bagi Hyundai itu merupakan hasil dari diperkenalkannya produk-produk baru yang menawan seperti (sedan) Sonata 2011 dan (Sport Utility Vehicle) Tucson 2010,” kata James Bell, Analis Pasar dari KBB.

“Untuk menjaga momentum itu, Hyundai harus secara kontinyu mempromosikan model-model anyarnya itu, menawarkan jaminan yang menarik, serta menetapkan kebijakan harga yang bersaing bagi konsumen baru,” ujar James Bell.

KBB merupakan lembaga pemeringkatan loyalitas konsumen terhadap merek dan berkantor pusat di Amerika Serikat.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi