Waduh.., Honda Kembali Tarik Odyssey  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 17 Maret 2010 13:11 WIB
Honda Odyssey 2007
TEMPO Interaktif, Detroit - Honda Motor Co. kembali menarik 410 ribu unit produknya di Amerika Serikat. Dua produk Honda yaitu Odyssey dan Elements keluaran 2007 dan 2008 ditarik karena sistem pengeremannya bermasalah. Dari 410 ribu unit itu, 344 ribu di antaranya adalah Odyssey dan 68 ribu Elements.

Lembaga Keselamatan Jalan Raya Amerika (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA), dalam laporannya menyebut sedikitnya ada tiga kecelakaan yang terjadi terkait dengan rem Odyssey yang tak beres itu. Namun itu hanya kecelakaan ringan dan tidak menimbulkan korban jiwa.

“Penarikan dilakukan karena ada ketidakberesan pada sistem rem. Saat pedal rem diinjak terasa dalam sehingga harus diinjak hingga mendekati dek. Hal ini sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan," tutur Chris Martin, Jurubicara Honda seperti dikutip Associated Press, Rabu (17/3).

Martin menambahkan pihaknya telah melakukan penelitian terhadap perangkat pengereman tersebut. Hasilnya, ditemukan adanya celah yang memungkinkan angina masuk ke selang rem sehingga rem tidak pakem saat diinjak.

Sementara ihwal perbaikan, Martin menyebut para pemilik Odyssey dan Elements yang masuk kategori ditarik kembali itu akan dikirimi surat pemberitahuan. Pengiriman surat dilakukan mulai April mendatang.

Penarikan Odissay ini merupakan kali ketiga. ketiga kalinya. Penarikan pertama dilakukan pada awal Februari lalu bersamaan dengan penarikan Honda Civic, dan CR-V. Alasan penarikan kala itu karena kantung udara yang tak beres. Total jumlah ketiga model yang ditarik mencapai 437.763 unit.

Penarikan kedua dilakukan terhadap 21.776 unit Odyssey. Penarikan itu dilakukan awal Maret lalu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi