Toyota Tak Temukan Masalah di Pedal Gas Prius
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 17 Maret 2010 21:46 WIB
Toyota Prius yang menyumbangkan lebih dari 50 persen pernjualan Hybrid Toyota yang sudah menembus 2 juta unit. (Dok. Toyota)

TEMPO Interaktif, Los Angeles:Toyota Motor Corp mengatakan, pihaknya tidak menemukan bukti adanya ketidakberesan pada pedal gas di Toyota Prius yang dikabarkan melesat tak terkendali di jalan bebas hambatan San Diego, California, Amerika Serikat,Rabu (10/3) lalu.

Hasil investigasi Toyota itu diperkuat Lembaga Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Agency/NHTSA).

"Kami tegaskan kepada masyarakat, bahwa kami telah dan akan terus bekerja untuk menangani masalah ini. Dan hingga saat ini kami belum menemukan masalah apa yang terjadi pada mobil yang bersangkutan," sebut NHTSA seperti dikutip Reuters (17/3).

Sementara petugas dari NHTSA yang melakukan simulasi dengan menggunakan mobil dan situasi yang sama saat terjadinya peristiwa itu, ternyata juga tidak menemukan permasalahan seperti yang diduga semula.

Seperti diketahui James Sikes, 61 tahun, yang mengendarai Toyota Prius keluaran 2008 mengaku mengalami masalah pada pedal gas mobilnya saat melintas di jalan bebas hambatan San Diego, California. Pria ini menyebut, dirinya menginjak pedal gas mobilnya di jalan tol tersebut saat menyalip kendaraan lain.

Tiba-tiba mobilnya melesat hingga kecepatan 145 kilometer per jam dan tak bisa dikendalikan. Meski pedal rem diinjak dalam-dalam mobil tetap melesat. Beruntung, pria ini berhasil menghubungi petugas patroli jalan tol yang akhirnya membantunya menghentikan mobil hybrid tersebut.

Dugaan sementara saat itu,  ada ketidakberesan pada pedal gas mobil.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi