Pirelli Pasarkan Ban Khusus Mobil SUV dan Crossover
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 19 Maret 2010 10:11 WIB
PRNewsFoto/Pirelli
TEMPO Interaktif,Paris:Pabrikan ban asal Perancis, Pirelli meluncurkan produk anyar khusus untuk Sport Utility Vehicle dan Crossover. Scorpion Verde, begitulah ban itu dinamai. Pirelli mengklaim, produknya itu tak sekadar menawarkan performa yang tinggi tetapi juga ramah lingkungan.

“Ban ini menggunakan bahan hasil inovasi baru dan memiliki struktur baru,” aku sumber Pirelli seperti dikutip autoevolution, Kamis (18/3).

Berkat inovasi bahan baku dan desain struktur itu, Scorpion Verde mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 3,9 persen kala mobil melintas di jalan kota dan 3,4 persen di jalanan kota dan luar kota. Bahkan, kata Pirelli, tingkat emisi kendaraan pun menyusut 30 persen.

Pirelli juga menurunkan hambatan gelinding (roll resistance) hingga 20 persen dibanding ban lainnya. Sedangkan dari sisi penggunaan bahan baku , ban ini 10 persen lebih sedikit ketimbang ban lain sejenis.

Tak hanya ramah lingkungan, ban ini juga diklaim memiliki tingkat keamanan yang tinggi terutama saat mobil mobil melibas lintasan basah. Pasalnya, pola kembangan di tapak ban menggunakan empat fitur dengan alur longitudinal.

Terlebih, sisi bahan juga menggunakan senyawa yang telah disesuaikan untuk lintasan basah. Pirelli mengaku telah melakukan uji coba Scorpion Verde khusus untuk SUV dan Crossover itu di Indiana International Testing Circuit, Barcelona , Spanyol.

Pabrikan itu mengatakan, ban anyar itu mulai dipasarkan pada April mendatang. Seperti diketahui nama Scorpion Verde sebagai ban ramah lingkungan Pirelli mulai diperkenalkan 2008 lalu. Hanya, kala itu belum diproduksi ban khusus untukl SUV dan crossover.

Namun sayang, Pirelli tak menyebut berapa produk teranyarnya itu dibanderol dan pasar mana saja yang disasar untuk menjajakan ban tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi