General Motors Kembangkan Kaca Mobil Pintar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 21 Maret 2010 12:20 WIB
GM Hud. Dok General Motor
TEMPO Interaktif , Detroit:Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors kini tengah mengembangkan teknologi head-up display (HUD) terbaru. Piranti itu nantinya akan diaplikasikan pada kaca depan mobil, sehingga kaca mampu memetakan kondisi jalan di saat kabut atau asap tebal menyelimuti.

Tak hanya itu, dengan teknologi itu, kaca depan juga bisa membantu pengemudi lebih jelas melihat kondisi jalan di saat mengemudi di malam hari. Sehingga berbagai obyek yang ada di sekitar jalan akan terlihat jelas meski lampu penerangan jalan minim.

Kaca akan bercahaya secara transparan untuk memetakan kondisi jalan di saat pandangan pengemudi tidak maksimal karena jalanan dipenuhi kabut dan asap tebal atau jalanan gelap gulita. Cara kerjanya, proyektor laser akan mengenali kondisi jalanan dan melalui sinar phosphor kondisi itu ditampilkan di kaca depan, begitulah cara kerja kaca pintar itu.

"Misalkan Anda sedang mengemudi di jalanan berkabut, dengan piranti kamera inframerah mobil akan mengidentifikasi di mana tepi jalan. Sedangkan sinar laser akan menunjukkan seperti apa kondisi jalan di depan mobil,” papar Thomas Seder, Kepala Laboratorium Penelitian dan Pengembangan GM seperti dikutip motorcrave, Sabtu (20/3).

Seder menyebut, revolusi teknologi head-up display itu bertujuan untuk meningkatkan faktor keselamatan di jalan raya. Dia menambahkan, dalam pengembangan kaca pintar itu pihaknya bekerja sama dengan Carnegie Mellon University dan The University of Southern California, serta lembaga lainnya.

Hanya, GM mengaku belum akan memproduksi kaca pintar itu secara massal dalam waktu dekat. Namun, pabrikan ini akan memasang kaca pintar itu pada model-model tertentu produknya sebagai fitur opsional.

Selama ini HUD hanya berupa layar monitor berupa kotak indikator kecepatan, bahan bakar atau kondisi minyak pelmas yang ada di depan lingkar kemudi mobil.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi