Tiga BMW Sabet Red Dot Mobil Berdesain Terbaik 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 22 Maret 2010 20:51 WIB
BMW Group untuk lima tahun berturut-turut menjadi perusahaan mobil dengan predikat paling berkesinambungan atau sustainable di dunia versi Dow Jones Sustainability Indexes (DJSI).

TEMPO Interaktif, Berlin:Seleksi tahunan desain produk terbaik, Red Dot, kembali mengumumkan hasil pemilihan terhadap 4.252 produk dari 57 negara. Para juri mengelompokkan produk otomotif dalam 17 kategori berdasar inovasi, fungsi dan kemampuan mobil.

Hasilnya, dewan juri yang terdiri dari para pakar berkaliber internasional itu menetapkan tiga kendaraan produksi Bayerische Motoren Werke (BMW) dan satu Roll Royce menyabet gelar Red Dot atau kendaraan terbaik 2010.

Roll Royce memenangi gelar “Red Dot : Best of The Best” sebagai kendaraan dengan kualitasdesain tertinggi untuk kategori kendaraan penumpang, transportasi, dan caravan. Sedangkan tiga model di keluarga BMW menyabet gelar terbaik untuk kualitas desain. Ketiganya adalah sedan BMW seri 5, BMW X1, serta BMW seri 5 Gran Turismo.

Penyerahan penghargaan akan dilakukan pada rencananya akan diserahkan di Aalto Theatre di Essen pada 5 Juli mendatang."Rolls-Royce Ghost yang memenangi penghargaan ini adalah sebuah mobil yang memiliki karakter unik yang tercermin dari penampilannya yang eksklusif. Ini adalah simbol kejelasan desain yang merefleksikan nilai-nilai klasik dari merek dalam gaya modern untuk abad ke-21. Garis-garis tegas mencerminkan performa dinamis dari Rolls-Royce yang pernah diproduksi," demikian pernyataan dewan juri Red Dot seperti dikutip autoevolution.

BMW X 1 memiliki dimensi panjang 4.454 milimeter (mm), lebar 1.798 mm, dan tinggi 1.545 mm dengan wheelbase 2760 mm. Di Eropa, BMW X1 dibekali mesin 2.996 cc, enam silinder yang menyemburkan tenaga 240 daya kuda dan torsi maksimum 250 Newton meter.

Dari sisi desain, BMW X1 lebih menonjolkan unsur elegan namun tetap mementingkan aspek fungsi. Pada bagian interior misalnya, BMW berupaya untuk menampilkan tren terkini namun tidak menghilangkan kepentingan fungsi. Hal ini terlihat dari penempatan piranti yang mendukung pengemudi di area cockpit dengan konsep forward-pushing lines.

Sementara seri 5 Gran Turismo dinilai memiliki beberapa keunggulan. Pada bagian eksteriornya dinilai sangat memperhatikan aerodinamika. Sementara bagian kabin crossover bermesin 3.000 cc Turbocharger V8 memiliki kenyamanan yang tinggi.

Kursi pada baris kedua misalnya, bisa direbahkan hingga dasar kabin. Kapasitas kabin, dirancang lebih besar ketimbang seri 7. Disitulah kenyamanan dan kemewahan BMW seri 5 Gran Turismo yang tetap mengutamakan fungsi terpancar kuat. Inilah nilai plus mobil ini.

Red Dot merupakan ajang penilaian desain produk paling bergengsi di dunia. Ritual ini yang digelar sejak 1955. Produk yang dinilai tak sebatas otomotif, tetapi juga arsitektur, perlengkapan rumah, elektronik bahkan desain busana hingga obat-obatan.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi