Honda Inggris Luncurkan Jazz Si Grade 1 April
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 25 Maret 2010 12:57 WIB
Honda Jazz Si Grade. Honda
TEMPO Interaktif, Jakarta - Semakin ketatnya persaingan di segmen city car di Eropa, membuat Honda Motors divisi Inggris menambah varian baru di klan Honda Jazz. Seperti dikutip autoevolution, sumber Honda Inggris menyebut, pihaknya akan meluncurkan Jazz Si Grade itu pada 1 April.

Model anyar yang diperuntukkan bagi kalangan usia muda itu kental dengan aura mobil sport. Pelek dari bahan alloy ukuran 16 inci misalnya, didesain layaknya pelek mobil balap. Begitu pula dengan gril dan spoiler belakang.

Namun, meski beruara sport, kesan elegan tetap diperhatikan. Setidaknya itu terlihat dari karpet yang sudah dibordir dan boot lid bertuliskan Si Grade Sporty. Tulisan yang sama juga terlihat pada pada laci dashboard.

“Semua perlengkapan itu diberikan agar segmen Honda terutama kalangan usia muda tetap percaya diri ketika melaju di sudut-sudat jalan kota,” sebut pabrikan itu.

Ihwal harga, Honda menyebut membanderol Si Grade tipe mesin 1.200 cc 12,835 poundsterling atau sekitar Rp 176, 47 juta. Sedangkan tipe mesin 1.400 cc dibanderol 13,510 poundsterling atau sekitar Rp 185, 75 juta.

Lantas bagaimana dengan upaya penyegaran Jazz di Indonesia? “Kami belum mempunyai rencana untuk penyegaran. Karena model yang ada saat ini masih bisa cukup mengakodasi kebutuhan dan keinginan konsumen,” papar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Indonesia, saat dihubungi Tempo di Jakarta, Kamis (25/3).

Dia menyebut, tingginya minat konsumen Indonesia terhadap model Honda Jazz yang ada bisa dilihat dari penjualan Honda Jazz pada dua bulan pertama 2010. Di Januari total penjualan Jazz tercatat 2.275 unit atau 53 persen dari total pangsa pasar hatchback di Indonesia.

Sedangkan di Februari, Jazz meraih penjualan sebesar 1.373 unit. Meski menurun namun, Jazza masih memimpin di kelasnya. “Artinya jazz masih mampu bersaing di kelasnya,” aku Jonfis.

Lantaran itulah, pihaknya tidak akan buru-buru melakukan penyegaran model Honda Jazz. Sedangkan ihwal Si Grade yang ada di Inggris, Jonfis mengaku platform dasar model itu sama dengan Jazz tipe RS.

“Kalau detil fiturnya saya tidak tahu persis, tetapi basicnya sama. Namun, masing-masing (Honda) di setiap negara juga punya kebijakan berbeda sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Tetapi kalau Indonesia kami belum punya rencana penyegaran (Jazz),” terang dia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi