Nissan Indonesia Pasarkan Micra Awal 2011
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 26 Maret 2010 11:25 WIB
allworldcars.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia (PT NMI) berencana memasarkan hatchback kecil Nissan Micra di tanah air antara Desember 2010 – Maret 2011. Namun, PT NMI memiliki skenario lain untuk memasarkannya lebih cepat yaitu antara Juli – November 2010.

Keinginan PT NMI untuk segera memasarkan hatchback berukuran kompak itu karena saat ini, Nissan tidak memiliki model mobil kecil di tanah air.

“Sementara kalau melihat tren pasar, pertumbuhan pasar segmen itu (mobil kecil) cukup besar. Ya kemungkinan besar awal 2011, tetapi kapan persisnya belum bisa saya katakan. Namun, kami juga punya scenario di Juli – November tahun ini,” papar Teddy Irawan, Direktur Pemasaran PT NMI, kepada Tempo di Jakarta, Jumat (26/3).

Nissan Micra diluncurkan di Thailand 17 Maret lalu. Di Negeri Gajah Putih itu, mobil ini dibanderol 375 ribu - 537 baht atau sekitar Rp 105 - Rp 150,4 juta. “Mobil ini akan dipasarkan di 160 negara,” kata Toshiyaki Shiga, Chief Operating Officer Nissan, seperti dikutip Reuters.

Micra ditawarkan dalam dua tipe mesin, yaitu mesin bensin HR12 1.200 cc tiga silinder yang bertenaga 80 PS dan torsi 108 Newtonmeter (Nm). Kedua mesin bensin 1.200 cc dengan turbocharger dan teknologi injeksi langsung yang menghasilkan tenaga hingga 98PS dan torsi 142 Nm. Varian ini juga dilengkapi teknologi start-stop system.

Namun keduanya menggunakan sistem transmisi yang sama yaitu manual dengan lima tingkat percepatan. Keduanya juga menggunakan teknologi Nissan's all-new Continuously Variable Transmission (CVT) di sistem transmisinya.

Mobil yang menggunakan platform baru Nissan yang disebut V-Platform dirancang dan telah melalui serangkaian ujicoba di Jepang. Sejumlah fitur keamanan seperti Antilock Brake System (ABS), Electronic Stability Programme (ESP), pretensioner seat belts, dua airbag di depan, curtain airbags, serta airbag di samping penumpang dan pengemudi menjadi fitur standar mobil kecil itu.

Selain di Thailand, mobil ini rencananya juga diproduksi di Cina, India, dan Meksiko.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi