Toyota Pangkas Produksi di Jepang dan Inggris  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 26 Maret 2010 11:34 WIB
Bulan Januari 2010, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mencatat penjualan sebanyak 19.459 unit. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
TEMPO Interaktif, Tokyo - Toyota Motor Corporation berniat memangkas kapasitas produksi di Inggris dan biaya produksi di Jepang. “Toyota akan mengurangi kapasitas produksi di Inggris mulai Agustus mendatang,” tulis Reuters, Kamis (25/3).

Toyota akan menutup satu line produksi dari dua line yang ada di pabrik Derbyshire. Sehingga, pabrikan ini akan memangkas jumlah produksi sekitar 120 ribu unit dari total produksi 290 ribu unit yang ada saat ini.

“Sedangkan kepada 750 pekerja atau 20 persen dari jumlah pekerja di pabrik itu, Toyota menawarkan program pensiun dini,” tulis harian ekonomi Nikkei.

Pemangkasan produksi itu merupakan bagian dari upaya pabrikan otomotif terbesar di dunia itu untuk menggenjot keuntungan di pabrik yang memproduksi hatchback Toyota Auris dan beberapa model lainnya itu.

Pengurangan anggaran dan kapasitas produksi juga dilakukan TMC di Jepang. Di negeri asalnya itu, Toyota akan memangkas biaya produksi hingga US$ 1 miliar atau sekitar Rp 9,2 triliun.

Langkah ini merupakan yang pertamakalinya dilakukan terhadap pabrik Toyota di Jepang. Alasannya, sama seperti di Inggris, untuk menggenjot keuntungan.

Hingga saat ini Toyota memiliki 17 pabrik di Jepang, empat diantaranya dioperasikan oleh mitra kerja samanya seperti Daihatsu dan Hino.

"Toyota senantiasa fleksibel untuk menghasilkan produk yang bersaing untuk memenuhi keinginan pasar. Karena itu kami terus mengkaji produk domestik, sekaligus melakukan reorganisasi operasi," sebut siaran pers Toyota seperti dikutip Nikkei.

Pabrikan ini menyebut, hingga 2012 nanti pihaknya bisa menghemat anggaran hUS$ 100 miliar atau sekitar Rp 10 triliun.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi