Button Raih Kemenangan Perdana
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 28 Maret 2010 16:57 WIB
Jenson Button. AP Photo

TEMPO Interaktif, Melbourne - Pembalap asal Inggris, Jenson Button, sukses meraih kemenangan perdananya bersama tim McLaren pada musim balapan Formula 1 2010. Button menjadi yang tercepat pada balapan 58 putaran di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, dengan catatan waktu satu jam 33 menit 36,5 detik.

Button musim lalu berhasil menjadi juara dunia Formula 1 bersama tim Brawn GP. Kemudian Brawn bergabung dengan tim Mercedes dan Button hijrah ke McLaren. Pada balapan perdana di Bahrain dua minggu lalu, Button tampil kurang bagus dan hanya menyelesaikan lomba di urutan ketujuh. "Kemenangan kali ini sangat istimewa. Aku butuh waktu cukup lama untuk menyatu dengan mobilku tapi tim ini bekerja luar biasa dan bisa menerimaku. Aku berharap di balapan selanjutnya bisa melakukan hal yang sama seperti sekarang," kata Button.

Menurut Button, keputusannya mengganti ban mobil adalah yang yang tepat dan sangat membantu dia. Button adalah pembalap pertama yang masuk ke pitstop untuk mengganti ban ketika lintasan berubah kering setelah sempat diguyur hujan di awal lomba. "Kupikir pengemudi lebih mudah merasakan apa yang terjadi saat membalap. Awak tim memang masih melihat awan hujan tapi pembalap yang ada di lintasan bisa merasakan hal yang berbeda," kata dia.

Pembalap tim Renault, Robert Kubica, menyelesaikan lomba pada urutan kedua dengan selisih waktu 12 detik di belakang Button. Ada pun pembalap Ferrari, Felipe Massa, kembali naik podium untuk kedua kalinya musim ini setelah menyelesaikan lomba di urutan ketiga. Rekan satu tim Massa, Fernando Alonso, menyelesaikan balapan di urutan keempat disusul oleh pembalap tim Mercedes, Nico Rosberg. Ada pun pembalap tuan rumah, Mark Webber dari tim Red Bull hanya bisa menyelesaikan lomba di urutan kesembilan.

Rekan setim Webber, Sebastian Vettel, yang memulai lomba dari urutan pertama kembali mengalami kejadian tragis. Mobilnya mengalami masalah pada sistem pengereman dan melintir di tikungan pada lap 26 sehingga Vettel gagal meneruskan lomba. Ini adalah kali kedua Vettel gagal karena masalah mesin. Pada balapan perdana di Bahrain lalu, Vettel juga memulai lomba di urutan pertama, namun masalah pada mesinnya membuat ia menempati urutan keempat di akhir balapan.

"Sistem pengereman itu gagal, sebelumnya aku memang sudah merasakan sedikit getaran. Tapi tidak ada yang bisa aku lakukan dan akhirnya kehilangan kendali. Itu sangat memalukan, karena kupikir kami bisa mengendalikan balapan meski kondisinya sulit," kata Vettel.

Vettel berharap timnya bisa memperbaiki kinerja mobil yang dipakai agar ia bisa meraih gelar juara. "Kami semua berusaha yang terbaik. Kekalahan ini bukanlah salah siapa pun, tapi kami harus memastikan semuanya bekerja dengan baik sehingga bisa melihat bendera finis di Malaysia nanti," kata pembalap asal Jerman itu.

AUTOSPORT/GABRIEL WAHYU TITIYOGA

Posisi | Pembalap | Tim | Waktu 1. Jenson Button | McLaren-Mercedes 1 jam 33 menit 36.5 detik 2. Robert Kubica | Renault + 12.034 detik 3. Felipe Massa |Ferrari + 14.488 4. Fernando Alonso | Ferrari + 16.304 5. Nico Rosberg |Mercedes + 16.683 6. Lewis Hamilton |McLaren-Mercedes + 29.898 7. Vitantonio Liuzzi |Force India-Mercedes + 59.847 8. Rubens Barrichello |Williams-Cosworth + 1 menit 00.536 detik 9. Mark Webber Red Bull-Renault + 1:07.319 10. Michael Schumacher | Mercedes + 1:09.391

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi