Nissan Leaf Lengkap dengan Baterai Dibanderol Rp 373,9 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 30 Maret 2010 23:47 WIB
Nissan Leaf. Dok: Nissan

TEMPO Interaktif, Yokohama --Nissan Motor Co, produsen mobil Nissan, Selasa (30/3) mengumumkan mulai memasarkan sedan listrik Nissan Leaf, di luar epang  pada 20 April mendatang, Di Negeri Paman sam itu, Nissan membanderol andalan barunya itu US$25,280 atau sekitar Rp 232,6 juta.

”Harga sebesar itu sudah termasuk pajak federal yang sebesar US$ 7,500 (atau sekitar Rp 69 juta),” sebut siaran pers Nissan seperti dikutip Reuters, Selasa (30/3).

Sebelumnya, pabrikan otomotif asal Jepang itu menyatakan, dalam penjualan model anyarnya itu juga akan memasukkan paket baterai yang merupakan sumber tenaga listrik Leaf. Namun, harga diatas belum termasuk baterai.

Nissan menyebut, bila dengan paket barerai, harga Nissan Leaf mencapai US$40, 640 atau sekitar Rp 373,9 juta. Sedangkan untuk pasar lokal Jepang, harga bersih setelah memperhitungkan subsidi pajak dari pemerintah mencapai US$ 32,373 atau sekitar Rp 297,83 juta.

Seperti diketahui, pemerintah Negeri Matahari Terbit itu memberikan insentif berupa potongan pajak bagi pembelian mobil berteknologi ramah lingkungan. Itu dilakukan, selain mendorong pabrikan otomotif untuk melakukan inovasi teknologi ramah lingkungan, juga mendorong konsumen untuk peduli terhadap kondisi lingkungan yang kini menghadapi masalah serius pemanasan global.

Nissan mengaku, mematok target penjualan Leaf  mulai Maret ini  hingga Maret 2011 mendatang mencapai 6.000 unit. Itu hanya untuk apasr Jepang saja. “Kami mulai menerima pesanan April mendatang dan pengirimannya mulai Desember,” tandas Nissan.

 

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi