Mitsubishi Optimistis Pajero Masih Unggul di Segmen SUV
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 1 April 2010 16:40 WIB
Mitsubishi Pajero Sport, Sport Utility Vehicle (SUV) andalan baru dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors. (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta:Varian Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Mitsubishi, Pajero Sport, sepanjang Maret 2010 ini diperkirakan masih memimpin penjualan segmen SUV di tanah air. Bahkan tipe 4x4 (all wheel drive) masih menggenggam 60 persen pangsa pasar.

"Penjualan bulanan (Maret) untuk kedua tipe, yaitu 4x2 (penggerak roda depan) dan 4x4 (penggerak) diperkirakan masih di kisaran 1.000 unit lebih. Untuk yang 4x4 masih menguasai 60 persen, tapi angka persisnya saya lupa," papar Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran PT Kramayudha Tiga Berlian Motor (PT KTB), saat dihubungi Tempo, di Jakarta, kamis (1/4).

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, Januari-Februari 2010 penjualan Pajero Sport tercatat 1.764 unit atau 26 persen dari total penjualan segmen ini yang sebesar 6.682 unit.

Sedangkan penjualan Honda CR-V mencapai 1.494 unit dan Toyota Fortuner 1.689 unit. "Alhamdulillah, dua bulan pertama di tahun ini menjadi pijakan yang kuat bagi kami untuk menggenjot penjualan. Sehingga, target 800-900 unit bisa dicapai atau bahkan bisa terlampaui," ujar dia.

Rizwan menambahkan, kini pihaknya terus berupaya untuk menggenjot penjualan SUV tersebut. Terlebih, upaya itu merupakan bagian dari program revitalisasi kendaraan penumpang  yang dicanangkan oleh PT KTB sejak dua tahun lalu.

Namun, Rizwan enggan memastikan saat disinggung kabar yang menyebut PT KTB segera meluncurkan Pajero Sport 4x4 berkapasitas 3.800 cc Exceed di pasar tanah air. "Kalau niatan, kami memang punya rencana untuk meluncurkannya. Tetapi soal kapan waktunya, mohon maaf kami belum bisa menginformasikan. Kalau animo masyarakat jelas tinggi,"tandas Rizwan.

Seperti diketahui, dua model Pajero Sport yang ada saat ini bermesin 2.500 cc. Mitsubishi menyebut, kedua model itu memiliki DNA Pajero yang digunakan merek ini di laga Reli Dakar. Beberapa kali merek tersebut menjuarai reli yang dikenal keganasannya itu.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi