Vettel Rajai Sirkuit Sepang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 4 April 2010 19:36 WIB
Sebastian Vettel. AP Photo/Lee Jin-man

TEMPO Interaktif, Sepang - Sebastian Vettel merajai Sirkuit Sepang setelah menjadi pembalap pertama yang melindas garis finish dalam balapan Formula 1 yang berlangsung dalam cuaca panas, Minggu (4/4). Pembalap Jerman yang membela Tim Red Bulls itu menorehkan catatan waktu tercepat 1 jam 33 menit dan 48,4 detik.

Di belakangnya, Mark Webber, yang merupakan rekan setim Vettel, berada di peringkat kedua tertinggal 4,9 detik. Sedang tempat ketiga diraih pembalap Mercedes GP, Nico Rosberg, yang tertinggal 13,5 detik dari Vettel.

Melakukan start di urutan ketiga, Vettel berhasil menyodok Rosberg dan Webber di depannya. Runner up musim lalu itu langsung melejit sendirian di depan. Pembalap berusia 23 tahun itu selanjutnya berhasil menjaga keunggulannya sepanjang lomba yang berlangsung dalam 57 putaran. Karena lawan-lawannya jauh teringgal, ia sempat melakukan aksi zig zag saat memasuki garis finish.

“Ini hasil yang sangat bagus bagi kami, khususnya setelah dua balapan awal di mana kami tidak berhasil menyelesaikan lomba seperti yang kami inginkan,” kata Vettel. “Aku berusaha untuk tidak terlalu ngotot di awal lomba tetapi balapan ini terlalu panas dan menguras fisik. Pada beberapa putaran aku berharap hujan turun agar cuaca bisa lebih sejuk,” lanjut Vettel.

Nasib tragis menimpa Fernando Alonso. Pembalap Ferrari yang sebelumnya memuncaki klasemen di dua seri awal itu gagal mengakhiri lomba karena mesin mobilnya terbakar ketika balapan tinggal menyisakan dua putaran lagi. Juara dunia tujuh kali asal Jerman, Michael Scumacher, juga tak mampu menyelesaikan lomba. Ia keluar dari lintasan di lap ke-10 karena mobil Mercedesnya juga mengalami masalah.

Hasil lomba ini membawa Vettel mendekati pemimpin klasemen yang sekarang diduduki pembalap Ferrari, Felipe Massa. Bersama Alonso, Vettel saat ini mengoleksi 37 poin, tertinggal 2 poin dari Massa yang sudah mengumpulkan 39 poin dari tiga balapan. Dalam balapan kali ini Massa finish di urutan ke-7, teinggal 27 detik dari Vettel.

REUTERS| ARIS M

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi