Volkswagen BlueMotion, Mobil Paling Hijau 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 5 April 2010 22:41 WIB
Volkswagen BlueMotion (www.wcoty.com)
TEMPO Interaktif, New York - Volkswagen BlueMotion (Golf, Passat, Polo) dinobatkan sebagai 2010 World Green Car pada gelaran New York International Auto Show. Trio ini mengalahkan dua finalis lainnya Honda Insight dan Toyota Prius.

Pada penghargaan yang ketujuh tahun ini, Volkswagen BlueMotion dipilih dari 13 nominator yang dikemudian diciutkan menjadi tiga finalis yang diumumkan bulan lalu.

Penghargaan ini merupakan hasil pemilihan oleh 49 juri dari 25 negara seluruh dunia. Meski tidak disebutkan mengapa mereka memilih ketiga-tiganya bukan salah satunya.

Kompleksnya soal mobil hijau, membuat World Car Steering Committee menunjuk tiga juri khusus yaitu Sam Abuelsamid (mewakili Amerika Utara) editor teknis laman AutoblogGreen.com, Dean Slavnich (mewakili Eropa) adalah editor Engine Internasional Teknologi (ETI), serta Tadashi Tateuchi (mewakili Asia) yang merupakan Ketua Jepang Electric Vehicle (EV) Club.

Volkswagen BlueMotion dinilai sebagai salah satu kendaraan paling efisien dalam penggunaan bahan bakar yang ada di pasaran. "BlueMotion Passat dapat melakukan perjalanan sekitar 1.000 mil dengan sekali mengisi bahan bakar," tulis para juri dalam lama resmi world car of the year (www.wcoty.com/2010)

Pemenang World Green Car sebelumnya antara lain Honda FCX Clarity (2009), BMW 118d with Efficient Dynamics (2008), Mercedes-Benz E320 Bluetec (2007), serta Honda Civic Hybrid (2006).

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi