Produk General Motors Gunakan 'Override System' pada 2012  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 6 April 2010 10:05 WIB
mlive.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pengalaman adalah guru yang terbaik. Pameo inilah yang dipegang teguh pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors (GM). Melihat pengalaman koleganya, Toyota, yang menarik 8,5 juta produk karena sistem rem yang tak beres, Selasa (6/4), GM menyatakan akan melengkapi produknya dengan piranti pengereman override system.

“Penambahan sistem itu untuk semua produk di seluruh dunia, khususnya yang telah dilengkapi sistem tranmsmisi otomatis dan electronic throttle controls,” sebut siaran pers GM seperti dikutip automotivenews.com, Selasa (6/4).

Override system adalah piranti pengereman yang dihubungkan dengan mesin. Alat ini akan mematikan mesin akan mati bila rem bermasalah. Dengan demikian, piranti ini akan mencegah mobil melesat secara tiba-tiba.

Juru Bicara GM Alan Adler mengatakan override system siap dipasang pada model Chevrolet Corvette, Camaro V8, Malibu L4, Colorado V8, Chevrolet Cobalt dan HHR, GMC Canyon V8, Cadillac CTS, serta Cadillac STS –V. “Kesemua kendaraan itu akan dipasang rem override atau rem yang lebih kuat yang mampu menghentikan mobil lebih cepat 1,66 kilometer di saat mobil melaju dengan kecepatan 96 kilometer per jam.

Sementara Vice Chairman GM Tom Stephens menandaskan pemasangan perangkat override system tersebut akan menambah jaminan keselamatan kepada para konsumen GM.

Sedangkan Menteri Perhubungan Amerika Serikat, Ray LaHood, menyatakan pihaknya saat ini tengah mempertimbangkan untuk memberlakukan aturan yang mengharuskan semua pabrikan untuk memasang override system. Dalam pernyataan yang dilansir Maret lalu itu, LaHood menegaskan semua mobil baru yang ada di Amerika Serikat nantinya harus menggunakan piranti itu.

Namun GM menyebut kebijakan barunya itu dilakukan karena melihat pengalaman Toyota yang menarik 8,5 juta produknya di seantero dunia karena permasalahan sistem pengereman.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi