Wow... Audi Rajai Pasar Mobil Cina
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 7 April 2010 23:09 WIB
Seorang model berjalan di depan logo Audi saat launching New Audi Q5 di Mumbai India. (REUTERS/Arko Datta)
TEMPO Interaktif, Beijing - Tiga pabrikan otomotif asal Jerman, yaitu Audi AG, Bayerische Motoren Werke (BMW) serta Daimler merajai penjualan otomotif di Cina sepanjang kuartal pertama 2010 ini.

Seperti dilaporkan Reuters, dalam kurun waktu itu, penjualan produk Audi di Negeri Tirai Bambu itu meningkat 77 persen dibanding periode sama tahun lalu. Pabrikan ini telah melego lebih dari 50 ribu unit produknya di negara itu.

“Hasil itu merupakan buah manis dari upaya kami dalam memperluas pasar segmen premium di Cina,” tutur Peter Schwarzenbauer, Anggota Dewan Direktur Penjualan dan Pemasaran Audi.

Sementara BMW AG, dalam waktu yang sama membukukan penjualan 34.179 unit atau meningkat dua kali lipat dibanding periode sama tahun lalu. Sedangkan Daimler AG dengan merek andalannya, Mercedes Benz mencatatkan penjualan 24.100 unit. “Itu berarti meningkat 105 persen dibanding waktu yang sama pada 2008 lalu,”

Primadona penjualan Audi adalah sedan Audi A6L yang mencatatkan penjualan 28.984 unit. Kemudian disusul sedan medium Audi A4L yang membukukan penjualan 13.787 unit atau melonjak 213 persen dibanding periode sama tahun lalu.

“Kedua sedan itu dirakit di pabrik tempat perakitan Sport Utility Vehicle premium Audi Q5, pabrik itu merupakan pabrik kerjasama antara Audi dengan FAW Group di Changchun, Cina,” tandas Schwarzenbauer.

Seperti diketahui, pabrikan otomotif Jerman itu memasuki pasar pada 1988. Namun, pada 2009 pabrikan ini tak lagi memegang mahkota penjualan terbesar mobil premium di pasar negeri itu. Saat itu, Audi hanya membubukan penjualan 158.941 unit.

Membaiknya perekonomian Cina serta kebijakan insentif yang diberlakukan oleh pemerintah negara berpenduduk terbesar di dunia itu telah mendorong penjualan mobil selam Maret lalu. Tahun lalu, Cina telah melampuai Amerika Serikat dalam penjualan mobil. Selama ini Negeri Paman Sam itu dikenal sebagai pasar mobil terbesar sejagad.

Xinhua News Agency menyebut, sepanjang 2009 lalu, lebih dari 13,5 juta unit kendaraan terjual di Cina. Sedangakn di Amerika hanya 10,4 juta unit atau terendah dalam 27 tahun terakhir.ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi