Dongkrak Citra Merek, Toyota Luncurkan SMART
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 12 April 2010 12:53 WIB
AP/Seth Wenig
TEMPO Interaktif, Los Angeles - Setelah prahara penarikan 8,5 juta produknya di seantero dunia dan berbuntut ancaman sanksi denda US$16,4 juta atau sekitar Rp 147,6 miliar, kini Toyota – di Amerika - mulai berbenah membangun kembali citra mereknya. Mulai Senin (12/4) ini, pabrikan otomotif asal Jepang itu mulai mengoperasikan program layanan anyar, SMART atau Swift Market Analysis Response Team.

Seperti dikutip autoevolution.com, Toyota menyebut melalui layanan itu pihaknya akan memberikan yang cepat kepada para konsumen. SMART merupakan layanan telepon 24 jam untuk melayani keluhan yang berkaitan dengan ketidakberesan rem dan gas produk Toyota .

Tim yang akan melayani terdiri dari 200 orang teknisi yang tersebar di seluruh Amerika Utara. Mereka, kata Toyota, akan memberikan analisa yang komprehensif terhadap keluhan atau pertanyaan seputar rem dan pedal gas saat dari konsumen. 

“Layanan ini terobosan untuk mengatasi kebingungan, spekulasi, serta misinformasi kecepatan tiba-tiba yang tidak diinginkan karena masalah rem dan pedal gas, yang terjadi beberapa minggu lalu,” papar Steve St Angelo, Toyota America Chief Quality Officer.

Angelo juga menambahkan Toyota berharap para hakim -di pengadilan yang menjatuhkan sanksi denda sekitar Rp 147,6 miliar kepada Toyota- juga mempertimbangkan fakta layanan tersebut. “Dan proses layanan yang dilakukan dalam SMART juga akan membantu para hakim untuk menetapkan keputusan yang akan mereka buat,” tandas dia.

Sekadar catatan, kendati bertubi-tubi diterjang isu penarikan produknya di pasar Amerika dan beberapa negara lain di dunia, sepanjang Maret lalu Toyota di Negeri Paman Sam masih moncer. “Selama Maret penjualan Toyota (Amerika) meningkat 41 persen dibanding periode sama tahun lalu)," ujar dia. 

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi